Perawatan Kulit

Amankah Pakai Produk Tester Kosmetik? Baiknya Hati-hati Sebelum Mencoba

Biasanya toko kecantikan menyediakan produk tester untuk pembeli. Hati-hati, produk tester juga digunakan oleh banyak orang.

Featured-Image
Bahaya menggunakan produk tester. Foto: Cosmetics Business

apahabar, JAKARTA – Sebagian besar toko kecantikan menyediakan produk tester untuk setiap produk kecantikan. Namun apakah menggunakan tester tersebut aman?

Sebelum membeli alas bedak, lipstik, dan produk kecantikan lainnya, kita perlu memastikan bahwa produk tersebut cocok untuk kita.

Untuk mengatasi keraguan, kita sering menggunakan produk tester yang sudah disediakan. Produk tester yang ada tentu membantu kita untuk mencoba suatu produk sebelum membeli.

Namun bayangkan berapa jumlah orang yang menggunakan tester tersebut? Hal ini yang menyebabkan produk tester jadi tidak aman untuk digunakan.

Setiap orang memiliki caranya masing-masing dalam mencoba produk tester. Beberapa ada yang langsung mengaplikasikannya ke bibir dan wajah, ada juga yang mencoba ke telapak tangan, dan sebagainya.

Tapi yang berbahaya adalah, jika kita langsung mengaplikasikan ke wajah. Karena produk tester rentan sekali terkena berbagai bakteri dan virus.

“Yang paling sering terlihat adalah E. coli dari orang-orang yang tidak mencuci tangan setelah menggunakan kamar mandi,” kata ahli kimia Ginger King. Melansir dari Allure.

Infeksi akibat bakteri E. coli ini bisa menyebabkan masalah pencernaan, kram perut, diare berdarah, hingga muntah-muntah.

Mirisnya adalah, E. coli bukan satu-satunya bakteri yang terdapat di produk tester. Hampir semua virus dapat ditularkan, terutama ketika orang yang menggunakan dalam kondisi batuk dan bersin.

Produk yang paling berbahaya untuk dicoba adalah produk untuk bibir dan maskara. Karena bakteri sangat mudah masuk melalui mata, mulut, dan hidung.

Ada cara yang aman jika Anda ingin mencoba produk tester. Jangan langsung gunakan tester pada wilayah yang ingin Anda aplikasikan. Gunakan porduk tester di pergelangan tangan, telapakan tangan, atau leher.

“Cobalah di telapak tangan, bukan di punggung tangan anda. Karena telapak tangan lebih menyerupai warna bibir Anda daripada punggung tangan Anda," saran King.

Setelah mencoba produk, jangan lupa untuk membersihkannya dengan alkohol. Gel atau penyemprot alkohol seringkali disediakan di toko kecantikan.


Editor
Komentar
Banner
Banner