Perawatan Kulit

Empat Makanan Mengandung Kolagen, Layak Konsumsi untuk Kulit Makin Glowing

Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk kulit. Sebab kolagen dapat memberi kekenyalan dan peregangan pada kulit.

Featured-Image
Makanan yang dapat memproduksi kolagen pada tubuh. Foto: Wellbeing Nutrition

apahabar, JAKARTA –Kolagen merupakan protein yang dibutuhkan untuk kulit. Sebab kolagen dapat memberi kekenyalan dan peregangan pada kulit.

Namun, seiring bertambahnya usia maka produksi kolagen di kulit kita semakin berkurang setiap tahunnya sehingga menyebabkan terjadinya kerutan hingga penipisan kulit.

Kita mulai kehilangan kolagen di usia pertengahan 20 dan setelah usia 40 tahun. Menurut studi yang diterbitkan di Molecules tahun 2019, kita kehilangan sekitar 1% kolagen setiap tahunnya.

Kini sudah banyak suplemen kolagen yang dijual di pasaran. Namun tubuh akan lebih aman jika menerima makanan yang alami dibandingkan suplemen.

“Makanan seperti kaldu tulang mengandung kolagen yang tersedia secara alami dan dapat langsung digunakan oleh tubuh, ini menjadikannya lebih unggul dibandingkan suplemen,” ucap ahli diet, Carrie Gabriel, melansir dari Healthline.

Studi tahun 2012 tentang nutrisi dan penuaan juga menyimpulkan bahwa sayur dan buah merupakan makanan paling aman dan sehat untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Untuk memudahkan pencarian makanan yang dapat meningkatkan kolagen, berikut beberapa makanan terbaik yang kaya akan kolagen.

Kaldu Tulang Sapi

Terdapat jenis-jenis kolagen, namun tubuh kita sebagian besar terdiri dari kolagen tipe 1,2, dan 3. Kaldu tulang sapi salah satu sumber kolagen terbaik terutama untuk jenis 1.

Kolagen jenis 1 ini berperan besar dalam kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Cara membuatnya pun sangat mudah, yaitu merebus tulang sapi ke dalam air maka akan mengeluarkan ekstrak kolagen.

Ayam

Jika anda pernah memotong ayam utuh, maka anda akan liat banyaknya kandungan jaringan pada ayam. Jaringan tersebut yang menjadikan ayam sebagai sumber kolagen yang tinggi.

Beberapa penelitian juga sudah menemukan bahwa penggunaan leher ayam dan tulang rawan ayam bisa digunakan sebagai sumber kolagen untuk pengobatan arthritis.

Buah jeruk

Buah jeruk mengandung vitamin C, dan kandungan tersebut menjadi peran utama dalam produksi pro-kolagen pada tubuh.

Pro-kolagen merupakan molekul mini yang terbentuk dari protein dan vitamin C. Pro-kolagen ini akan saling menyatu dan membentuk serat tipis yaitu Fibril. Fungsi dari fibril ini untuk menjaga struktur pada kulit dan membuat kulit menjadi lebih lentur.

Buah beri

Blueberry, strawberry, raspberry, blackberry, dan semua buah berry sangat bagus menambah nutrisi untuk membangun kolagen.

Secangkir strawberry mengandung hampir 100% dari target vitamin C harian anda dan blackberry mengandung sekitar 35%.

Vitamin C ini terbukti bermanfaat bagi kulit. Clinics Dermatology tahun 2021 menyimpulkan bahwa mengonsumsi vitamin C dapat mengurangi kerusakan kulit akibat sinar matahari.


Editor
Komentar
Banner
Banner