Perawatan Kulit

Body Scrub, Perawatan Tubuh Menyeluruh untuk Kulit Glowing

Body Scrub baiknya rutin dilakukan. Sangat bermanfaat untuk regenerasi kulit secara maksimal.

Featured-Image
Manfaat Body Scrub. Foto: Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Body Scrub baiknya rutin dilakukan. Sangat bermanfaat untuk regenerasi kulit secara maksimal.

Body scrub atau di Indonesia kerap disebut lulur, suatu perawatan tubuh yang sering dilakukan perempuan, namun tidak ada salahnya bagi laki-laki untuk melakukannya.

Kulit secara alami melakukan pengelupasan secara regeneratif yang konstan. Proses ini tergantung pada usia, jenis kulit, produk yang digunakan dan lingkungan.

"Melakukan scrub pada tubuh sangat baik digunakan, terutama saat musim dingin atau ketika cuaca kering," kata Kavita Marlwalla, MD, seorang dermatologis, dilansir Healthline, Jumat (13/10).

Butiran hingga bahan di dalamnya menentukan seberapa pengaruh membersihkan kulit tersebut. "Gunakan secukupnya dan jangan berlebihan guna mencegah iritasi," ujar Marlwalla.

Beberapa kandungan seperti kopi, gula, lavender, bengkoang, dan charcoal dapat dijadikan referensi untuk memilih scrub yang nyaman digunakan.

Marlwalla juga menambahkan untuk memilih scrub yang tidak terlalu kasar di kulit, dan memilih yang berukuran sedikit kecil.

Apa Saja Manfaat Body Scrub?

Ilustrasi Body Scrub . Foto: Freepik
Ilustrasi Body Scrub . Foto: Freepik

Dalam proses alaminya, regenerasi kulit belum 100% sempurna, sehingga menyebabkan penumpukan sel kulit mati di permukaan kulit.

Maka dari itu, melakukan scrub pada tubuh sangat berguna untuk mengangkat sel-sel tersebut dan membuat kulit menjadi bersih.

Membuat kulit menyerap pelembap lebih baik, dengan mengangkat sel kulit mati tersebut, kulit akan menyerap pelembap dengan sangat baik dan membuat kulit lebih kenyal.

Melembutkan kulit, kulit kering menyebabkan kasar saat disentuh, dengan menghilangkan sel-sel tersebut, Anda akan memiliki kulit yang lebih halus dan merata.

Membantu peremajaan kulit, sel kulit mati yang terangkat dengan scrub akan mendorong peremajaan secara sehat, menjadikannya tampak segar dan lembut.

Mencerahkan kulit, dengan terangkatnya sel kulit mati membuat kulit lebih cerah dibanding sebelumnya, dan beberapa bahan pada scrub memiliki efek mencerahkan kulit.

Scrub tubuh dilakukan setelah memakai sabun atau setelah mandi, hal ini akan mengangkat segala kotoran dalam kulit.

Setelah mandi, diamkan badan setengah kering lalu oleskan scrub pada jari dan gosok secara ringan pada bagian tubuh. Diamkan beberapa menit dan bilas dengan air hangat atau suam-suam kuku.

Keringkan dengan handuk dan segeralah menggunakan pelembap pada kulit sebelum kering.

Kapan Waktu yang Tepat Melakukan Body Scrub?

Ilustrasi Scrub Badan. Foto: Freepik
Ilustrasi Scrub Badan. Foto: Freepik

Melakukan lulur menggunakan scrub tidak boleh dilakukan setiap hari, hal tersebut menyebabkan kulit kering atau iritasi. Anda dapat melakukan sekali dalam seminggu, begitupun untuk kulit sensitf.

"Secara umum, jangan melakukan scrub lebih dari dua kali seminggu, hal tersebut menyebabkan kering dan iritasi pada kulit," kata Marlwalla.

Setelah melakukan scrub pada tubuh, pastikan untuk memakai losion guna mengunci kelembapan dan menghindari iritasi. Jika perlu, gunakan losion dengan SPF untuk mencegah sun burn.

Untuk menjaga kesehatan kulit, beberapa tips harus dilakukan seperti hindari berjemur di bawah sinar matahari setelah eksfoliasi, dan hindari melakukan scrub bersamaan dengan eksfoliasi karena membuat kulit semakin kering dan berisiko iritasi.

Editor


Komentar
Banner
Banner