Perawatan Kulit

Vitamin yang Bagus untuk Kulit

Merawat kulit dengan vitamin membuat kulit tak hanya putih tetapi juga sehat

Featured-Image
Ilustrasi Kulit sehat dengan minum vitamin. Foto: jovee

bakabar.com, JAKARTAMerawat kulit dengan vitamin membuat kulit tak hanya putih tetapi juga sehat

Kulit merupakan salah satu organ tubuh yang mempunyai banyak fungsi penting, yaitu sebagai pelindung dari ancaman biologis, kimia, dan fisik, membantu menjaga keseimbangan air dan elektrolit serta membantu mengatur suhu tubuh. Ini alasan mengapa menjaga kesehatan kulit itu penting lebih dari cantik dan putih.

Melansir dari Forbes health, Makanan yang dimakan mempengaruhi Kesehatan dan fungsi seluruh tubuh. Nutrisi yang dikonsumsi melalui pola makanan secara signifikan mempengaruhi penuaan kulit. Fungsi dan penampilan kulit bisa menunjukan kekurangan nutrisi pada kulit.

Vitamin berdampak pada Kesehatan kulit dalam beberapa cara, bertindak sebagai antioksidan yang melindungi terhadap kerusakan akibat radikal bebas, melindungi kulit dari efek negatif radiasi sinar UV dan membantu menjaga hidrasi kulit yang cukup.

Berikut vitamin yang bagus untuk supplement Kesehatan kulit:

Vitamin D

Ilustrasi Makanan yang terkandung Vitamin D. Foto: foodheavenmadeeasy
Ilustrasi Makanan yang terkandung Vitamin D. Foto: foodheavenmadeeasy

Vitamin D bagus untuk tulang, tetapi vitamin Djuga berperan dalam perlindungan kulit. Seseorang yang mempunyai kadar vitamin D yang cukup cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena melanoma.

“Kulit memang membuat vitamin D sendiri sebagai respons terhadap paparan sinar UV. Namun, karena sinar UV menyebabkan kerukasan kulit dan dapat menyebabkan kanker kulit, lebih aman untuk mendaptkan dosis vitamin D harian yang direkomendasikan mellaui makanan.” Ujar Dr. Tsippora Shainhouse, M.D., dokter kulit SkinSafe Dermatology and Skin Care di Beverly Hills, California.

Vitamin C

Ilustrasi Makanan yang terkandung Vitamin C. Foto: onlinebiologynotes
Ilustrasi Makanan yang terkandung Vitamin C. Foto: onlinebiologynotes

Vitamin C sangat penting untuk Kesehatan kulit secara keseluruhan, kata F. Kung, dokter kulit pendiri Future Bright Dermatology di New York City. Vitamin C juga membantu untuk meratakan kulit dan meringankan bitnik-bintik hitam yang disebabkan oleh sinar matahari.

Buah-buahan dan sayuran adalah sumber vitamin C terbaik, tidak hanya buah jeruk tetapi paprika merah, kiwi, brokoli, stroberi, kubis brussel juga mempunyai juga mempunyai kandungan vitamin C yang tinggi. Mengonsumsi buah dan sayur mendapatkan vitamin C yang sukup.

Orang merokok, orang dengan melabsorpsi dan penyakit kronis tertentu, serta orang yang makan makanan terbatas mengalami kekurangan vitamin C itu tidak baik untuk kulit.

Vitamin E

Ilustrasi makanan Vitamin E. Foto: yeyelife
Ilustrasi makanan Vitamin E. Foto: yeyelife

Vitamin E adalah antioksidan kuat yang melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas yang disebabkan oleh radiasi UV, populasi, serta membantu melindungi lapisan atas kulit dan mengurangi perkembangan kemerahan akibat paparan sinar UV.

Vitamin E ditemukan di banyak makanan, namun sumber terbaiknya adalah kacang-kacangan, biji-bijian dan minyak nabati. Sayuran berdaun hijau dan sereal yang diperkaya juga merupakan sumber yang baik.

Rekomendasi Dietary Allowance (RDA) vitamin E untuk orang dewasa adalah 15 dan 19 miligram untuk orang yang sedang menyusui. Orang Amerika tidak memenuhi RDA untuk vitamin E hanya melalui makanan. Karena saluran pencernaan membutuhkan lemak untuk menyerap vitamin E, orang-orang yang menjalani diet rendah lemak mungkin berisiko tidak mendapatkan cukup vitamin E.

Vitamin B3

Ilustrasi makanan Vitamin B3. Foto: flnutrition
Ilustrasi makanan Vitamin B3. Foto: flnutrition

Nicotinamide, juga dikenal sebagai niacinamide atau vitamin B3, merupakan salah satu bentuk niacin yang sering digunakan dalam produk perawatan kulit. Meningkatkan fungsi pelindungan kulit dengan meningkatkan produksi ceramide, sejenis lipid yang membantu menjaga kulit tetap terhidrasi dan terlindungi.

Sebagai antioksidan, B3 juga dapat membantu menengakan kulit yang meradang dan mengurangi kemerahan, iritasi, dan jerawat.

Vitamin B3 adalah vitamin yang larut dalam air yang ditemukan dalam berbagai macam makanan. Sumber yang baik antara lain daging sapi, unggas, ikan, kacang-kacangan, biji-bijian, polong-polongan, dan biji-bijian. Karena tubuh dapat mengubah asam amino triptofan menjadi niasin, makanan tinggi triptofan, seperti kalkun, juga merupakan sumber vitamin.

Vitamin A

Ilustrasi Makanan terkandung Vitamin A. Foto: healthifyme
Ilustrasi Makanan terkandung Vitamin A. Foto: healthifyme

Vitamin A dalam bentuk topical dan oral merupakan vitamin paling ampuh untuk Kesehatan kulit. Vitamin A meningkatkan pergantian sel, mengganggu proses pemecahan kolagen, membantu mencegah kerusakan akibat sinar matahari, memperbaiki jerawat, memperbaiki teksur dan mengurangi garis garis halus.

Sumber makanan terbaik vitamin A yaitu, hati, ikan, telut, produk susu serta sayuran berawarna oren dan kuning seperti ubi, labu, wortel, melon, paprika dan mangga.

Dengan begitu mengonsumsi Vitamin sangat penting untuk Kesehatan kulit.

Editor
Komentar
Banner
Banner