Info Kesehatan

Konsumsi Satu Kiwi, Setara dengan Suplemen Vitamin C

Mengonsumsi buah kiwi setiap hari bisa menggantikan kebutuhan akan suplemen vitamin C pada tubuh.

Featured-Image
Mengonsumsi kiwi dapat memenuhi kebutuhan vitamin C pada tubuh. Foto: Cleveland Clinic Health

apahabar, JAKARTA – Buah Kiwi kaya vitamin C. Mengonsumsi buah kiwi setiap hari bisa menggantikan kebutuhan akan suplemen vitamin C pada tubuh.

Kiwi merupakan sumber vitamin C yang sangat baik. Kandungan dalam buah ini memiliki antioksidan yang berfungsi meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat penyembuhan luka, serta mempermudah penyerapan zat besi.

Penelitian yang diterbitkan oleh Foods menemukan bahwa mengonsumsi dua buah kiwi hijau atau satu kiwi SunGold setiap hari selama enam minggu dapat meningkatkan asupan vitamin C sebesar 150 mg per hari.

Rekomendasi vitamin C yang dianjurkan masuk ke dalam tubuh berbeda antara pria dan wanita. Pria berusia di atas 19 tahun membutuhkan 90 mg vitamin C setiap harinya, sedangkan wanita membutuhkan 75 mg per hari.

“Dengan menambahkan satu atau dua kiwi per hari, anda dapat yakin bahwa anda mendapatkan jumlah vitamin C yang disarakankan,” kata ahli gizi diet, Jacqueline Wyman, MS, RDN, CDN, melansir dari Health.

Kiwi salah satu buah yang aman dikonsumsi setiap hari, karena gula alami dalam buah ini tidak cukup tinggi sehingga tak berpotensi untuk meningkatkan risiko kesehatan jangka panjang.

“Jika masyarakat menyukai rasa kiwi atau penasaran untuk memasukkannya ke dalam menu makanan, mereka tidak perlu ragu untuk rutin mengonsumsinya. Kecuali mereka memiliki alergi,” jelas direktur dietetika di University of Georgia, Emma Laing, PhD, RDN, melansir dari Healthline.

Memastikan mencapai asupan vitamin C harian yang disarankan dapat mendukung kekebalan tubuh dan mencegah penyebaran virus.

Namun perlu diperhatikan batas anjuran vitamin C yang masuk ke tubuh. Jika mengonsumsi lebih dari 1.000 mg vitamin C per hari dapat mengurangi tingkat penyerapan hingga 50%.

Selain itu jika dikonsumsi secara berlebihan tidak memberikan manfaat kesehatan. Melainkan bisa menjadi penyebab gangguan pencernaan seperti diare dan kram perut.

Para ahli nutrisi menyarankan untuk mendapatkan vitamin dan mineral dari sumber makanan dibandingkan mengonsumsi suplemen makanan.

Editor


Komentar
Banner
Banner