Peluncuran SBH 2022

Ada 3 Kota ‘Ngapak’ di Deretan Kota dengan Biaya Hidup Termurah

Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Kabupaten Cilacap sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Hal tersebut terungkap melalui hasil Survei Bia

Featured-Image
Salah satu spot titik pusat Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Foto: Cilacap.org

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Kabupaten Cilacap sebagai kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia. Hal tersebut terungkap melalui hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengungkapkan Kabupaten Cilacap memiliki nilai konsumsi (NK) rata-rata mencapai Rp5,3 juta per bulan.

“Bulukumba dan Banyuwangi masuk dalam SBH 2018 masuk kategori kota dengan kategori kota dengan nilai konsumsi terendah di tahun 2022 sudah tidak lagi masuk dalam katagori tersebut,” katanya dalam Sosialisasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 dipantau secara virtual, Selasa (12/12).

Baca Juga: 10 Kota Biaya Hidup Termahal, DKI Jakarta Urutan Pertama!

Di urutan kedua, Kabupaten Maumere menjadi kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,5 juta per bulan. Ketiga, Kota Sibolga dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,6 juta per bulan.

Sedangkan posisi keempat, ditempati Kabupaten Kudus dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,7 juta per bulan. Kelima, Kota Tegal dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,8 juta per bulan.

Selanjutnya, posisi keenam ditempati Kabupaten Banyumas/Purwokerto dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,8 juta per bulan. Selanjutnya, ketujuh disusul Kabupaten Singaraja dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,9 juta per bulan.

Baca Juga: BPS Tangkap Perubahan Ekosistem Transaksi Ekonomi

Selanjutnya, disusul posisi kedelapan ditempati Kabupaten Sumenep dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp5,9 juta per bulan. Kemudian, kesembilan Kabupaten Jember dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp6 juta per bulan.

Terakhir, kesepuluh Kota Waingapu dengan nilai konsumsi rata-rata mencapai Rp6,1 juta.

“Sementara Cilacap dan Sibolga tetap dalam posisi 1 dan 3. Cilacap yang paling murah karena biaya hidup paling rendah, termasuk Sibolga,” pungkasnya.

Baca Juga: BPS Temukan Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Pasca-Pandemi

Dibandingkan pada SBH 2018, kabupaten/kota Waingapu, Jember, Sumenep, Singaraja baru masuk dalam SBH 2022 mengenai kabupaten/kota dengan biaya hidup termurah.

Sedangkan kabupaten/kota Banyuwangi dan Bulukumba yang sebelumnya masuk dalam deretan kota biaya termurah dari SBH 2018, kini pada SBH 2022 keduanya terhempas dari daftar kota dengan biaya hidup termurah.

Berikut daftar kabupaten/kota dengan biaya hidup termurah di Indonesia:

1. Cilacap Rp5,3 juta/bulan
2. Meumere Rp5,5 juta/bulan
3. Sibolga Rp5,6 juta/bulan
4. Kudus Rp5,7 juta/bulan
5. Tegal Rp5,8 juta/bulan
6. Banyumas/Purwokerto Rp5,8 juta/bulan
7. Singaraja Rp5,9 juta/bulan
8. Sumenep Rp5,9 juta/bulan
9. Jember Rp6 juta/bulan
10. Waingapu Rp6,1 juta/bulan

Editor
Komentar
Banner
Banner