Peluncuran SBH 2022

10 Kota Biaya Hidup Termahal, DKI Jakarta Urutan Pertama!

DKI Jakarta menempati daftar urutan pertama kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Tertinggi dari sepuluh kota besar di Indonesia. Nilai konsumsi (NK)

Featured-Image
Tugu Monas menjadi salah satu ikon DKI Jakarta. Foto: Getty Images/iStockphoto/dennisvdw

bakabar.com, JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) menempatkan Daerah Khusus Ibukota (DKI) Jakarta sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia. Hal tersebut terungkap melalui hasil Survei Biaya Hidup (SBH) 2022.

Deputi Bidang Statistik Distribusi dan Jasa BPS Pudji Ismartini mengungkapkan DKI Jakarta memiliki nilai konsumsi (NK) mencapai Rp14,8 juta per bulan. DKI Jakarta sukses menyingkirkan Kota Bekasi yang sebelumnya berada di urutan pertama kota dengan biaya hidup termahal berdasarkan SBH 2018.

"Kalau di 2018 itu adalah Bekasi, dan DKI Jakarta di urutan kedua. di 2022 ini mereka bertukar tempat, jadi DKI Jakarta berada dalam posisi yang pertama termahal kemudian diikuti oleh Bekasi," kata Pudji dalam acara Sosialisasi Hasil Survei Biaya Hidup 2022 dipantau secara virtual, Selasa (12/12).

Baca Juga: BPS Tangkap Perubahan Ekosistem Transaksi Ekonomi

Di urutan kedua, Bekasi menjadi kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia dengan nilai konsumsi mencapai Rp14,3 juta per bulan. Lalu, disusul Surabaya dengan nilai konsumsi Rp 13,3 juta per bulan.

Sedangkan di posisi keempat ditempati oleh Depok dengan nilai konsumsi mencapai Rp12,3 juta per bulan. Selanjutnya, Makassar menduduki peringkat kelima sebagai kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia mencapai Rp11,5 juta per bulan.

Adapun, Tangerang menempati urutan keenam kota dengan biaya hidup termahal mencapai Rp10,9 juta per bulan. Setelahnya, ada Bogor di peringkat ketujuh dengan nilai konsumsi sebesar Rp10,7 juta per bulan.

Baca Juga: BPS Temukan Perubahan Pola Konsumsi Masyarakat Pasca-Pandemi

Pada urutan kedelapan terdapat Kendari dengan nilai konsumsi mencapai Rp10,2 juta per bulan. Kemudian, Batam dengan nilai konsumsi mencapai Rp10 juta per bulan.

Pada posisi kesepuluh kota dengan biaya hidup termahal ditempati oleh Balikpapan dengan nilai konsumsi Rp 9,8 juta per bulan.

"Jadi, di sini kita lihat wilayah-wilayah mana yang nilai konsumsi rata-rata rumah tangga sebulannya itu tinggi," pungkasnya.

Berikut daftar kota dengan biaya hidup termahal di Indonesia:

1. DKI Jakarta Rp14,8 juta/bulan
2. Bekasi Rp14,3 juta/bulan
3. Surabaya Rp13.3 juta/bulan
4. Depok Rp12,3 juta/bulan
5. Makassar Rp11,5 juta/bulan
6. Tangerang Rp10,9 juta/bulan
7. Bogor Rp10,7 juta/bulan
8. Kendari Rp10,2 juta/bulan
9. Batam Rp10 juta/bulan
10. Balikpapan Rp9,8 juta/bulan

Editor
Komentar
Banner
Banner