5 Manfaat Jalan Kaki

5 Manfaat Jalan Kaki, Bisa Jaga Kesehatan Fisik dan Kesehatan Mental

Ada 5 manfaat jalan kaki. Terlihat remeh, jika dilakukan rutin dampaknya sangat besar bagi kesehatan fisik, juga kesehatan mental.

Featured-Image
Manfaat Berjalan Kaki Bagi Kesehatan. Foto: dok. news.sky

bakabar.com, JAKARTA - Ada 5 manfaat jalan kaki. Terlihat remeh, jika dilakukan rutin dampaknya sangat besar bagi kesehatan fisik, juga kesehatan mental.

Berjalan kaki adalah salah satu kegiatan yang mudah dilakukan oleh banyak orang. Sering dianggap remeh padahal manfaatnya sangat besar. 

Dilansir melalui NHS UK, menyempatkan jalan kaki selama 10 menit setiap harinya akan berdampak besar buat kesehatan. Jalan kaki adalah aktivitas fisik yang direkomendasikan untuk orang berusia 19 hingga 64 tahun.

Seorang pakar kardiologi di Cleveland Clinic mengatakan bahwa berjalan kaki dengan kecepatan lebih cepat dan dilakukan selama 30 menit sehari dapat membantu mengurangi risiko kesehatan berat, seperti penyakit jantung.

“Berjalan atau aktivitas aerobik apa pun membantu membuat jantung sedikit lebih efisien,” ujar Dr. Tamanna Singh, seorang ahli jantung di Cleveland Clinic.

Baca Juga: Olahraga Rutin di Akhir Pekan, Baik Untuk Jaga Kesehatan Jantung

"Jadi saat Anda meningkatkan kebugaran atau meningkatkan kemampuan Anda untuk mentolerir beban tertentu, jantung Anda sebenarnya menjadi lebih efektif dengan setiap kontraktilitas, atau setiap pompa jantung yang disediakan untuk jenis latihan tersebut," ujarnya menjelaskan.

Dr. Singh mengatakan berjalan kaki adalah olahraga yang paling mudah dan bisa dilakukan di mana saja, maka ia merekomendasikan jalan kaki untuk sebagian besar pasiennya.

Ini lima manfaat rutin jalan kaki seperti dikutip dari mayoclinic.org:

Menyehatkan Tubuh

Jalan kaki secara rutin dipercaya dapat menyehatkan tubuh, dan menghindarkan dari berbagai macam penyakit, seperti penyakit jantung, patu-paru, GERD. Selain itu rutin berjalan kaki dapat meningkatkan kesehatan tulang, kaki, dan sistem imun.

Hal ini karena dengan berjalan kaki, tubuh kita menjadi aktif bergerak dan membakar kalori di dalamnya.

Membakar Kalori dan Mengontrol Berat Badan

Untuk pemula yang ingin memulai berolahraga, bisa melakukan kegiatan berjalan ini dengan durasi 10-15 menit per hari, lalu tingkatkan durasi dan intensitasnya.

Berjalan kaki dengan ritme cepat selama 30 menit dipercaya dapat membakar sebanyak 100-300 kalori, jika kita melakukan kegiatan ini setiap hari dalam seminggu, maka kita dapat membakar sekitar 1000-3000 kalori per minggunya.

Baca Juga: Mengenal Diet Karbo dan Manfaatnya bagi Kesehatan

Menjaga Kesehatan Mental

Berjalan kaki dipercaya dapat menyehatkan mental, bahkan bisa membantu meringankan gejala kecemasan dan depresi. Dilansir melalui shape, pada tahun 2018, sebuah jurnal mengenai kesehatan mental, menyebutkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit dapat meningkatkan mood menjadi lebih baik dan meredakan stress pada diri.

Bahkan jika melakukan aktifitas ini bersama teman atau keluarga, selain menyehatkan tubuh, juga bisa membangun hubungan sosial melalui interaksi yang terjalin saat berjalan bersama. 

Memperbaiki Pola Tidur

Dilansir melalui prevention, sebuah studi tahun 2019 menyebutkan seseorang yang melakukan aktifitas fisik di siang hari akan mendapatkan durasi dan kualitas tidur yang baik, dibanding mereka yang tidak melakukan aktifitas fisik.

Rutin berjalan kaki dipercaya dapat meringankan gangguan tidur yang dialami seseorang, dan membuat pola tidur yang lebih baik.

Memperpanjang Usia

Dalam suatu studi menemukan bahwa orang yang melakukan olahraga ringan selama 10-40 menit per minggu, memiliki risiko kematian 18% lebih rendah dibandingkan mereka yang tidak aktif bergerak.

Editor


Komentar
Banner
Banner