Kesehatan

Olahraga Rutin di Akhir Pekan, Baik Untuk Jaga Kesehatan Jantung

Bagi anda yang memiliki jadwal padat namun ingin menjaga kesehatan jantung, olahraga di akhir pekan bisa menjadi solusi terbaik.

Featured-Image
ilustrasi olahraga yang baik untuk akhir pekan. Foto: Dragonimages/istock

bakabar.com, JAKARTA – Bagi anda yang memiliki jadwal padat namun ingin menjaga kesehatan jantung, olahraga di akhir pekan bisa menjadi solusi terbaik.

Mengutip The National Health Service (NHS) UK,direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung dipat melakukan untuk rutin beraktivitas fisik selama 75 menit pada akhir pekan. Kegiatan olahraga seperti berlari, berenang, atau bermain sepak bola sangat dianjurkan untuk menjaga kesehatan jantung.

Mereka yang dapat mencapai tingkat aktivitas yang direkomendasikan, baik selama seminggu atau akhir pekan, memiliki risiko kematian yang lebih rendah daripada mereka yang melakukan kurang dari jumlah tersebut.

Baca Juga: Hari Pertemanan Sedunia: Memupuk Persatuan dan Kesepahaman Antar Manusia

Di akhir pekan, Anda memiliki lebih banyak waktu untuk berolahraga dan mengikuti kegiatan fisik yang lebih intensif atau berdurasi lebih lama. Berikut adalah beberapa olahraga yang baik untuk dilakukan di akhir pekan:

Jogging

Berlari atau jogging adalah olahraga yang paling mudah dilakukan dan bisa dilangsungkan di banyak tempat. Cari taman atau area terbuka di sekitar Anda untuk berlari atau jogging dengan pemandangan yang menyegarkan membuat kegiatan itu semakin menyenangkan.

Bersepeda

Selain berlari, aktivitas Bersepeda juga direkomendasikan untuk menjaga kesehatan jantung. Selain itu, bersepeda juga menjadi cara yang menyenangkan untuk menjelajahi lingkungan Anda sambil membakar kalori dan meningkatkan kesehatan kardiovaskular.

Berenang

Olahraga air seperti berenang menjadi rekomendasi olahraga rutin setiap akhir pekan. Jika Anda memiliki akses ke kolam renang atau pantai, selain baik untuk kesehatan jantung, berenang juga memiliki manfaat untuk mengasah hampir semua otot tubuh.

Hiking

Bagi para petualang, aktivitas hiking atau mendaki bisa menjadi kesehatan yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan jantung. selain mengasah setamina, aktivitas luar ruangan itu juga baik untuk menguji kekuatan fisik dan mentalitas seseorang.

Olahraga Tim

Jika sebelumnya banyak aktivitas individual, olahraga tim juga sangat bermanfaat untuk kesehatan. Olahraga itu dapat dilakukan dengan bergabung bersama teman-teman atau komunitas.

Biasanya olahraga tim yang sering dilakukan seperti sepak bola, basket, atau olahraga tim lainnya. Hal itu bisa menjadi cara yang menyenangkan untuk berolahraga sambil menjalin hubungan sosial.

Yoga

Jika olahraga tim masih terlalu berat, aktivitas yoga juga cocok untuk menjaga kesehatan jantung. Olahraga itu dinilai lebih santai namun tetap bermanfaat bagi tubuh dan pikiran, sehingga beragam dampak bisa anda rasakan melalui yoga.

Permainan Raket

Permainan raket seperti tenis, bulu tangkis, atau squash juga direkomedasikan untuk melatih keterampilan koordinasi dan kardiovaskular sambil bersenang-senang.

Olahraga Air

Jika anda ingin merogoh kocek lebih, sekaligus melepas penat dan pikirian dari persoalan kerja olahraga air di pantai bisa menjadi aktifitas fisik yang membantu menjaga kesehatan jantung. Kegiatan seperti paddleboarding, kayak, atau windsurfing sangat baik untuk dilakukan.

Fitness

Bagi anda yang lebih suka berada di dalam ruangan Fitness bisa menjadi pilihan untuk aktivitas fisik. Cari tahu apakah ada kelas olahraga atau kebugaran di dekat Anda, seperti Zumba, pilates, atau aerobik. Bergabung dengan kelas itubisa menyenangkan dan sangat memotivasi.

Futsal atau bulutangkis dalam ruangan

Selain fitness, olahraga Futsal atau bulutangkis juga bisa dilakukan di dalam ruangan. bkegiatan itu juga menjadi rekomendasi terbaik jika cuaca sedang tidak bersahabat tapi anda ingin tetap beraktivitas fisik.

Baca Juga: Nostalgia Kuliner Tempo Dulu di Pasar Kangen Jogjakarta

Untuk menghindari cedera akibat latihan yang lama, perhatikan apa yang dikatakan tubuh Anda, kata Dr. Gregory Katz, ahli jantung di NYU Langone Heart dan asisten profesor kedokteran di NYU Grossman School of Medicine, dikutip dari NBC News.

Selalu pastikan untuk melakukan pemanasan sebelum berolahraga dan mengenakan perlengkapan yang sesuai, terutama saat berolahraga yang lebih intensif.

Jangan lupa untuk minum air secukupnya selama berolahraga dan beristirahat jika Anda merasa lelah. Tetaplah konsisten dalam menjaga rutinitas olahraga Anda, baik di akhir pekan maupun hari-hari lainnya, untuk memperoleh manfaat kesehatan yang optimal.

Editor


Komentar
Banner
Banner