Rekomendasi Film

4 Film Biopik yang Mengungkap 'Jatuh Bangun' Kehidupan Musisi

Banyak musisi yang telah membuat sejumlah karya terkenal kepada dunia. Perjalanan hidupnya kemudian diangkat menjadi sebuah film untuk sebagai motivasi

Featured-Image
Poster film Chrisye yang diperankan oleh Vino G. Bastian. Foto: IMDB

bakabar.com, JAKARTA – Banyak musisi yang karyanya terkenal di dunia. Bukan cuma melahirkan karya, tapi segenap perjuangan yang dilalui pun memiliki kisah yang menarik. Tak heran jika beberapa di antaranya diangkat menjadi sebuah film biopik.

Meski tidak sepenuhnya merangkum perjalanan hidup sang tokoh, namun biasanya fragmen film bisa merajut komponen penting yang ingin disampaikan sebagai motivasi.

Tidak bisa dipungkiri, film biopik tentang musisi selalu menghadirkan hal istimewa karena membawa penonton kepada sisi lain dari kehidupan sang penyanyi. Di balik kemegahan panggung dan karya, kerap tersimpan simpul kisah perjuangan yang terurai lewat adegan demi adegan.

Berikut rekomendasi film biopik tentang musisi yang susah dikenal dunia yang bisa dijadikan referensi:

Baca Juga: Hadirkan Ketakutan yang Tinggi, Film 'Kutukan Sembilan Setan' Tayang Bulan Juni

Ray

Film Ray yang diperankan oleh Jamie Foxx. Foto: IMDB
Film Ray yang diperankan oleh Jamie Foxx. Foto: IMDB

Ray Charles (Jamie Foxx) merupakan salah satu musisi terkenal Amerika Serikat yang berjaya sejak tahun 1960. Ia menjadi sosok yang sangat menginpirasi banyak masyarakat kulit hitam yang bermimpi untuk menjadi seorang musisi.

Terlahir sebagai tunanetra tidak menghentikan Ray Charles untuk mengejar mimpi sebagai seorang musisi. Gejolak kehidupannya mulai muncul ketika namanya semakin dikenal masyarakat.

Di tengah ketenaran tersebut, Ray Charles tidak menyadari bahwa kehidupannya perlahan menuju ke arah yang semakin suram dan berantakan.

Ray menjadi film yang membawa nama Jamie Foxx semakin dikenal. Bagaimana tidak berkat aktingnya sabagai Ray Charles ia berhasil memenangkan penghargaan Oscar untuk katergori pemeran utama terbaik pada tahun 2005.

Baca Juga: 4 Rekomendasi Film Samurai, Paduan Budaya dan Filosofi yang Mengagumkan!

Straight Outta Compton

Film Straight Outta Compton mengisahkan perjalanan karir MC Ren (Aldis Hodge), DJ Yella (Neil Brown Jr), Eazy-E (Jason Mitchell), Ice Cube (O’Shea Jackson Jr) dan Dr. Dre (Corey Hawkins)
Film Straight Outta Compton mengisahkan perjalanan karir MC Ren (Aldis Hodge), DJ Yella (Neil Brown Jr), Eazy-E (Jason Mitchell), Ice Cube (O’Shea Jackson Jr) dan Dr. Dre (Corey Hawkins). Foto: The New York Times

Pada 1986 muncul group hip-hop bernama, N.W.A. Group tersebut berisikan nama-nama penyanyi hip-hop paling terkenal saat ini, seperti   MC Ren (Aldis Hodge), DJ Yella (Neil Brown Jr), Eazy-E (Jason Mitchell), Ice Cube (O’Shea Jackson Jr) sampai dengan Dr. Dre (Corey Hawkins).

Film Straight Outta Compton mengisahkan perjalanan awal karir N.W.A. yang harus menghadapi banyak kesulitan karena kerasnya kehidupan warga kulit hitam Amerika pada waktu itu.

Straight Outta Compton menjadi salah satu biopik musisi yang terbaik. Selain melibatkan sejumlah aktor terkenal, film tersebut berhasil menyampaikan cerita persoalan budaya dan kaitannya dengan hip-hop yang dikenal sebagai aliran musik milik kulit hitam Amerika Serikat.

Hal menarik dari film tersebut adalah adanya cerita awal dari perjlanan karir musisi hip-hop yang sudah melegenda, Snoop Dog. Sosok Snoop Dogg diperankan dengan baik oleh aktor holywood ternama LaKeith Stanfield.

Baca Juga: Jelajah Narasi: 350 Tahun Belanda Menjajah Indonesia, Selama Itukah?

Walk the Line

Ceuplikan film Walk The Line, ketika Johnny Cash (Joaquin Phoenix) bernyanyi bersama dengan June Carter (Reese Witherspoon). Foto: IMDB
Ceuplikan film Walk The Line, ketika Johnny Cash (Joaquin Phoenix) bernyanyi bersama dengan June Carter (Reese Witherspoon). Foto: IMDB

Walk The Line bercerita tentang perjalanan karir Johnny Cash (Joaquin Phoenix) yang merupakan salah satu penyanyi legendaris asal Amerika Serikat.

Selain kisah perjalanan karirnya sebagai musisi, film tersebut juga membahas kehidupan Johnny Cash yang harus bertahan hidup di tengah krisis ekonomi Amerika, kehilangan sang istri sampai dengan mendakam di penjara.

Film tersebut menyampaikan seluruh kisah tragis yang dialami oleh Johnny Cash. Bahkan menampilkan bagaimana Johnny Cash menjadi semakin popular setelah sukses bernyanyi di dalam penjara.

Kisah Walk The Line diambil dari biografi yang ditulis sendiri oleh Johnny Cash dengan judul Man in Black: His Own Story in His Own Words dan Cash: The Autobiography.

James Mangold yang menjadi sutradara film tersebut mengganti judul filmnya menjadi Walk The Line sama seperti judul lagu yang dinyanyikan Johnny Cash.

Baca Juga: Mendunia! Lima Film Bergenre Aksi Ini Buatan Sineas Indonesia

Chrisye (2017)

Poster film Chrisye yang diperankan oleh Vino G. Bastian. Foto: IMDB
Poster film Chrisye yang diperankan oleh Vino G. Bastian. Foto: IMDB

Rekomendasi berikutnya adalah film biopik musisi yang berasal dari Indonesia, yaitu Chrisye. Film Chrisye disutradari oleh Rizal Mantovani yang sebelumnya pernah mengarahkan kisah drama novel, 5 Cm. sosok Chrisye sendiri diperankan oleh Vino G. Bastian.

Filmnya bercerita tentang awal perjalanan karir Chrisye yang merupakan pemuda yang tak percaya diri, selalu resah gelisah, galau, bimbang, dan banyak pikiran bercita-cita untuk menjadi seorang musisi.

Sayangnya mimpi tersebut tidak mendapat dukungan dari kedua orang tua Chrisye. Hal itu yang kemudian membuat Chrisye nekat untuk berhenti mengungdurkan diri dari universitas demi meniti karier.

Editor


Komentar
Banner
Banner