Rekomendasi Film

4 Rekomendasi Film Samurai, Paduan Budaya dan Filosofi yang Mengagumkan!

Film bergenre aksi memliki segudang latar cerita yang menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah film aksi yang berhubungan dengan kehidupan samurai.

Featured-Image
Film The Last Samurai yang turut dibintangi Ken Watanabe sebagai samurai keturuanan terakhir. Foto: IMDB

bakabar.com, JAKARTA –Film bergenre aksi memliki segudang latar cerita yang menarik untuk disaksikan. Salah satunya adalah film aksi yang berhubungan dengan kehidupan samurai.

Film samurai sangat digandrungi oleh banyak kalangan. Hal tersebut karena film samurai banyak menawarkan aksi keren, mulai dari pertarungan adu pedang antara penjahat dan pemeran utama hingga konflik cerita yang menarik.

Film samurai juga sering memasukan konsep yang bersifat filosofis dan membuatnya semakin menarik. Hal itu dikarenakan film samurai sendiri sangat lekat dengan kebudayaan Jepang.

Nah, bagi Anda yang menggemari genre film samurai, berikut sejumlah rekomendasi film yang wajib disaksikan:

Baca Juga: Siapkan Popcorn! 5 Film Bergenre Aksi Ini Buatan Sineas Indonesia

The Last Samurai

Film The Last Samurai yang turut dibintangi Ken Watanabe sebagai samurai keturuanan terakhir. Foto: IMDB
Film The Last Samurai yang turut dibintangi Ken Watanabe sebagai samurai keturuanan terakhir. Foto: IMDB

The Last Samurai menjadi film bertema samurai paling popular hingga saat ini. Bagaimana tidak, mulai dari koreografi adu pedang sampai dengan akting yang dibawakan oleh sejumlah aktor berbakat, seperti Tom Cruise menjadikannya sangat wajib untuk ditonton.

Bahkan film yang dirilis pada tahun 2004 tersebut berhasil membawa 4 piala Academy Awards. Hal itu yang membuat The Last Samurai menjadi salah satu film terbaik yang pernah dibuat.

The Last Samurai bercerita tentang prajurit Amerika Serikat bernama Nathan Algren (Tom Cruise) yang diperintahkan untuk membantu pemerintah Jepang, melatih tentaranya untuk menggunakan senjata modern.

Baca Juga: Satu Tiket untuk Satu Pohon, Spirit Konser Coldplay yang Ramah Lingkungan

Hal itu karena pemerintah Jepang tengah berada konflik dengan sejumlah kelompok samurai dan berusaha mengambil alih wilayah mereka. Tapi, Nathan kemudian ditangkap dan bertemu dengan samurai keturunan terakhir Jepang, Katsumoto (Ken Watanabe).

Perlahan Nathan belajar tentang kehidupan di dalam desa tersebut dan tertarik dengan kebudayaan mereka yang akhirnya menjadi konfil dari cerita tersebut.

Rurouni Kenshin

Film Rurouni Kenshin yang dibintangi oleh Takeru Satoh. Foto: IMDB
Film Rurouni Kenshin yang dibintangi oleh Takeru Satoh. Foto: IMDB

Bagi pecinta anime yang sudah lanjut usia, mungkin tidak asing dengan judul tersebut. Hal itu karena film Rurouni Kenshin merupakan live action dari anime klasik yang berjudul Samurai X.

Film tersebut bercerita tentang seorang ahli pedang bernama Hitokiri Battosai (Takeru Satoh), dimana pada masa lalu ia merupakan pembunuh sadis di bawah perintah kelompok penyokong Restorasi Meiji di akhir era Keshogunan.

Ia kemudian bertobat tidak lagi menghunuskan pedang untuk menyakiti orang lain. Bahkan ia bersumpah tidak lagi membunuh dan berganti nama jadi Himura Kenshin. Konflik muncul ketika sosok dari masa lalu Himura memaksanya untuk kembali menjadi pembunuh.

Baca Juga: Bangga, Dua Film Indonesia Ikut Serta Dalam Festival Film Cannes 2023

Banyak pencinta film percaya pada kutukan dari Live Action anime. Hal itu karena sebagai Live Action anime selalu memilki kualitas yang sangat buruk bahkan memiliki rating sangat kecil.

Tapi film Rurouni Kenshin termasuk yang berhasil mematahkan kutukan tersebut. Alasannya Netflix yang menjadi produser film tersebut membuat Rurouni Kenshin ke dalam lima seri atau biasa disebut Pentalogi.

Seven Samurai

Poster film Seven Samurai yang disutradari oleh Akira Kurosawa. Foto: IMDB
Poster film Seven Samurai yang disutradari oleh Akira Kurosawa. Foto: IMDB

Bicara cerita samurai tentu tidak lepas dari legenda pembuat film asal jepang Akira Kurosawa. Ia bahkan menjadi salah satu dari sedikit sutradara asal Jepang yang mampu meraih penghargaan Academy Awards.

Salah satu karyanya yang paling popular adalah Seven Samurai. Film tersebut bercerita tentang sekelompok pendekar berisi tujuh samurai ditugaskan melindungi petani dari serangan bandit.

Baca Juga: PA 212 Sebut Coldplay Ateis, Kenali Kepercayaan Chris Martin Sesungguhnya

Selama menjaga, ketujuh samurai tersebut memutuskan untuk mengajarkan para petani untuk berperang. Perlahan-lahan ketujuh samurai mulai merasakan kedekatan dengan para petani dan berjanji melindungi mereka dengan seluruh jiwanya.

Seven Samurai menjadi karya Akira Kurosawa yang membuatnya dikenal oleh seluruh dunia. Karena Seven Samurai menjadi film jepang pertama yang memiliki jumlah penonton terbanyak pada 1954. Selain itu, pada 2018 BBC mamsukkan Seven Samurai ke dalam 100 film berbahasa asing terbaik sepanjang masa.

Gintama

Buat Penggemar Aksi, 5 Rekomendasi Film Berikut Ini Wajib Ditonton
Poster Film Gintama Live Action. Foto: IMDB

Serupa dengan Rurouni Kenshin, Gintama Live Action merupakan film yang diadaptasi dari cerita anime. Selain itu, berbeda dengan daftar sebelumnya film samurai satu ini termasuk ke dalam genre komedi, sama seperti animenya.

Baca Juga: Dua Dekade Berkarya, MALIQ & D' Essentials Sukses Ajak Ribuan Fans ke Taman Bermain

Film Gintama memiliki cerita yang cukup sederhana. Berkisah tentang seorang samurai bernama Gintoki (Shun Oguri) yang rela melakukan pekerjaan apapun untuk mendapatkan uang. Uang tersebut digunakan untuk memenuhi kebutuhannya karena Gintoki hidup dalam kemiskinan.

Gintama Live Action menjadi salah satu film adaptasi anime yang terbilang cukup sukses. Kesuksesaannya bahkan membuat Netflix berani untuk memproduksi film Gintama Live Action ke dalam tiga seri atau menjadi trilogi.

Editor


Komentar
Banner
Banner