UTBK SNBT Unair

33 Peserta UTBK SNBT Unair Lintas Jurusan Soshum ke Saintek, Rektor: Wajib Lulus Matrikulasi

Hasil UTBK SNBT diumumkan hari ini. Sebagian peserta yang diterima di Unair adalah lintas jurusan soshum ke saintek

Featured-Image
Rektor Unair, Prof Nasih (kanan) jelaskan bahwa peserta lintas jurusan soshum ke saintek wajib lulus matrikulasi (20/6). Foto: apahabar.com/HanaaSeptiana

bakabar.com, SURABAYA - Hasil Ujian Tulis Berbasis Komputer Seleksi Nasional Berdasarkan Tes (UTBK SNBT) 2023 akan diumumkan hari ini, Selasa (20/6) pukul 15.00 WIB. Sebagian siswa SMA jurusan IPS diterima di program studi (prodi) rumpun Sains dan Teknologi (Saintek) Universitas Airlangga (Unair).

Sebanyak 2.642 peserta diterima di Unair melalui jalur UTBK SNBT 2023. Sebagian peserta yang diterima adalah mereka yang mendaftar lintas jurusan, yakni SMA jurusan IPA/saintek ke IPS/sosial humaniora (soshum) dan sebaliknya.

Namun, Rektor Unair, Prof Nasih menyoroti 33 peserta lintas jurusan Soshum ke Saintek yang diterima. Yang terdiri dari 14 program sarjana, 9 program D4, dan 10 orang program D3.

Dari total jumlah peserta lintas jurusan tersebut terdapat peserta jurusan IPS diterima di prodi Kedokteran Gigi, lalu ada yang diterima di prodi Akuakultur, ada juga jurusan keagamaan diterima prodi Sistem Informasi dan sebagainya.

Baca Juga: Asah Jiwa Wirausaha SMKN 1 Surabaya, UNAIR Gelar Workshop Entrepreneurship

Menurut Nasih, mereka yang lintas jurusan Soshum ke Saintek disarankan untuk berpikir ulang untuk tetap masuk ke jurusan Saintek. Unair juga akan memfasilitasi jika peserta ingin pindah ke jurusan lain yang lebih sesuai dengan jurusan semasa SMA.

“Karena risikonya tinggi ya, khawatir tidak bisa menyelesaikan studi dengan baik,” kata Nasih saat melakukan konferensi pers UTBK SNBT di Universitas Airlangga Kampus C, Selasa (20/6).

Nasih juga menyebutkan bahwa peserta lintas jurusan nantinya tidak bisa menunjukkan nilai mata pelajaran di Surat Keterangan Lulus yang sesuai dengan prodi yang dipilih. Hal ini merupakan salah satu syarat daftar ulang.

Karenanya, peserta lintas jurusan tetap ingin ke jurusan saintek diwajibkan untuk mengikuti program matrikulasi. Yakni program penyetaraan untuk mata kuliah utama yang dipersyaratkan selama 2 bulan sebelum kuliah berlangsung.

“Wajib mengikuti dan wajib lulus matrikulasi, baru benar-benar bisa diterima,” papar Nasih.

Baca Juga: 2 Peretas Situs ITS dan Pemprov Jatim Lulusan SD

Jika peserta tersebut tidak lulus matrikulasi, maka peserta tetap bisa menjadi mahasiswa Unair. Namun dihimbau untuk pindah program studi yang lebih sesuai.

“Prodi pilihannya nanti bisa dipertimbangkan sesuai minat dan linier juga,” tutur Nasih.

Lebih lanjut, peserta lintas jurusan juga harus menandatangani surat pernyataan. Yakni pernyataan jika tidak bisa menyelesaikan perkuliahan, maka bersedia untuk undur diri atau drop out.

“Ini untuk kebaikan mereka dan kampus juga,” kata Nasih.

Nasih mengatakan bahwa peserta lintas jurusan memang diperbolehkan dalam UTBK SNBT tahun ini. Karenanya, Unair juga tetap bisa menerima peserta lintas jurusan untuk semangat Kampus Merdeka.

Editor


Komentar
Banner
Banner