Peluang Wirausaha

Asah Jiwa Wirausaha SMKN 1 Surabaya, UNAIR Gelar Workshop Entrepreneurship

Sebuah workshop digagas oleh mahasiswa magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga pada 25 Mei 2023 di SMK Negeri 1 Surabaya.

Featured-Image
Mahasiswa magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga menggelar acara bertajuk Glinds Action: Entrepreneurship Workshop di SMK Negeri 1 Surabaya pada 25 Mei 2023. Foto: FEB Unair.

bakabar.com, JAKARTA - Sebuah workshop digagas oleh mahasiswa magister Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga pada 25 Mei 2023 di SMK Negeri 1 Surabaya. Kegiatan bertajuk Glinds Action: Entrepreneurship Workshop diselenggarakan dengan tujuan memberikan pengetahuan, keterampilan, dan wawasan kepada peserta dalam mengembangkan keterampilan kewirausahaan.

Muh. Ridwan B, mahasiswa magister manajemen selaku ketua pelaksana menjelaskan kegiatan yang mengusung tema Creating Share Value diharapkan bisa membantu peserta dalam mengembangkan pemahaman tentang konsep kewirausahaan serta memberikan keterampilan praktis yang diperlukan untuk memulai dan mengelola bisnis.

“Beberapa yang dibahas dalam workshop ini antara lain konsep dasar kewirausahaan, identifikasi peluang bisnis, pembuatan rencana bisnis, pemasaran dan branding, manajemen keuangan untuk usaha kecil, inovasi dan kreativitas dalam bisnis, serta pengembangan keterampilan kepemimpinan,” ujarnya dalam keterangan tertulis pada Minggu (28/5).

Format acara, kata Ridwan, dirancang untuk memberikan pengalaman belajar yang efektif kepada peserta. Selain sesi presentasi oleh narasumber, acara juga melibatkan diskusi kelompok di mana peserta dapat berbagi pengalaman, ide, dan masalah yang dihadapi dalam konteks kewirausahaan.

Baca Juga: KemenkopUKM Sinkronisasi Pengembangan KUMKM dan Kewirausahaan di Papua Barat

“Diskusi itu memungkinkan peserta saling belajar dan mendapatkan wawasan baru dari peserta lain dan narasumber,” katanya.

Narasumber Reza Aulia Akbar membawakan materi "Let's Creating Startup! Entrepreneurship Embracing". Foto: FEB Unair
Narasumber Reza Aulia Akbar membawakan materi "Let's Creating Startup! Entrepreneurship Embracing". Foto: FEB Unair

Menurut Ridwan, workshop menjadi kesempatan untuk berinteraksi dan berkolaborasi dengan sesama peserta dan narasumber. Salah satunya dengan kehadiran Reza Aulia Akbar yang membawakan materi Let's Creating Startup! Entrepreneurship Embracing.

Reza yang merupakan ahli di bidang kewirausahaan berbagi pengalaman dalam memulai dan mengembangkan bisnis. Di situ, peserta mendapatkan wawasan dan pengetahuan praktis tentang strategi, kiat, dan tantangan dalam memulai dan menjalankan bisnis.

Selain itu, workshop menghadirkan diskusi kelompok, sesi tanya jawab, dan kegiatan kolaboratif lainnya untuk memfasilitasi pertukaran ide, berbagi pengalaman, dan membangun jaringan antara para peserta.

Baca Juga: Rasio Kewirausahaan Rendah, Kemenperin: OSS Permudah Kegiatan Usaha

Kompetisi video marketing yang menawarkan hadiah jutaan rupiah bagi Juara 1 hingga 3. Peserta menunjukkan bakat luar biasa dalam memasarkan produk dengan kreativitas yang unik. Foto: FEB Unair
Kompetisi video marketing yang menawarkan hadiah jutaan rupiah bagi Juara 1 hingga 3. Peserta menunjukkan bakat luar biasa dalam memasarkan produk dengan kreativitas yang unik. Foto: FEB Unair

Dalam workshop itu, peserta dari SMKN 1 Surabaya berpartisipasi dalam kompetisi video marketing. Mereka menunjukkan bakat luar biasa dalam memasarkan produk dengan kreativitas yang unik melalui konten video yang menginspirasi dan efektif dalam mempromosikan produk.

“Keterlibatan mereka dalam acara ini tidak hanya memberikan manfaat bagi mereka secara pribadi, tetapi juga menginspirasi generasi muda lainnya untuk mengembangkan minat dan bakat mereka dalam dunia bisnis,” papar Ridwan.

Selanjutnya, hasil workshop diharapkan mampu meningkatkan pemahaman peserta tentang kewirausahaan, mengembangkan keterampilan kewirausahaan, dan mendapatkan wawasan praktis dalam memulai dan mengelola bisnis.

“Acara ini juga bertujuan untuk menginspirasi generasi muda dalam mengembangkan ide dan sebagai platform untuk meningkatkan semangat kewirausahaan,” tandasnya.

Editor
Komentar
Banner
Banner