Pensiunan ASN

Gubernur Jambi Minta Pensiunan ASN Tetap Produktif Lewat Wirausaha

Gubernur Provinsi Jambi Al Haris mendukung dan mengajak para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus berkarya secara produktif di masa senjanya.

Featured-Image
Ilustrasi apel para Aparatur Sipil Negara (ASN). Foto: Istimewa.

bakabar.com, JAKARTA - Gubernur Provinsi Jambi Al Haris mendukung dan mengajak para pensiunan Aparatur Sipil Negara (ASN) untuk terus berkarya secara produktif di masa senjanya.

Hal tersebut bisa dilakukan dengan berwirausaha atau melakukan aktivitas produktif lainnya yang dapat memberikan kontribusi bagi ekonomi keluarga.

"Pensiunan harus berinovasi jadi tidak saja mengandalkan uang pensiun karena pemerintah saat ini sudah bekerja sama dengan Taspen untuk memfasilitasi," kata Gubernur Jambi Al Haris di Jambi, Senin (27/11).

Baca Juga: Tol Trans Sumatera-Jambi, Wamen BUMN: Optimistis Tersambung Akhir 2024

Baginya potensi pensiunan ASN untuk berwirausaha sangat besar. Melihat peluang tersebur, pemerintah telah memfasilitasi program wirausaha pensiunan bersama dengan PT Taspen dan anak perusahaannya.

Menurutnya, dorongan wirausahawan pensiunan sebagai upaya untuk menambah pendapatan pensiunan dan mempertahankan produktivitas ASN meski sudah memasuki masa pensiun.

Ajakan wirausaha pensiunan ini didukung oleh pemerintah dan Taspen dengan menggelar pelatihan wirausaha bagi calon pensiunan.

Baca Juga: Kunjungi Bengkulu, Jokowi Pamer Baju yang Diproduksi SMK di Jambi

Ia menegaskan, calon pensiunan ASN di Provinsi Jambi mendapatkan fasilitas pelatihan wirausaha untuk membantu mereka mengarahkan minat usahanya.

Barkaitan dengan itu, Pemprov Jambi juga mengupayakan kerja sama wirausaha pensiunan untuk menjadi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) setempat sehingga mereka yang masa kontrak kerjanya sudah habis tetap mendapatkan penghasilan mengingat PPPK tidak memiliki dana pensiunan.

Direktur Operasional Taspen Ariyandi mengatakan pelatihan wirausaha dimulai sejak ASN mendekati masa pensiun. Calon pensiunan juga mendapatkan arahan wirausaha hingga bisa menentukan jenis usaha yang akan dijalankan.

Ia menyebutkan saat ini jumlah wirausaha pensiunan di Provinsi Jambi masih rendah. Dari total pensiunan mencapai 23 ribu, jumlah wirausaha pensiunan tidak lebih dari 1.000 orang. Untuk itu, Mereka terus memotivasi pensiunan ASN untuk berwirausaha meningkatkan pendapatan di masa pensiun.

Editor


1 Komentar
Banner
Banner