Arus Mudik 2023

18-19 April 2023, 20 Ribu Penumpang Akan Tiba di Terminal Tirtonadi

20.000 penumpang bus diperkirakan akan masuk di Terminal Tirtonadi, Solo saat mudik lebaran pada tanggal 18-19 April mendatang.

Featured-Image
Penumpang bus dari Soloraya mulai melakukan mudik menggunakan bus di Terminal Tirtonadi Solo. Foto : apahabar.com / Fernando

bakabar.com, JAKARTA - Kurang lebih 20.000 penumpang bus diperkirakan akan masuk di Terminal Tirtonadi, Solo saat mudik lebaran pada tanggal 18-19 April mendatang.

Menurut Bandiyono, Kepala Terminal Tipe A Tirtonadi lonjakan jumlah penumpang tersebut dikarenakan Terminal Tirtonadi akan mendapatkan alokasi mudik gratis program dari pemerintah.

"Pertama dari Kementerian Perhubungan kurang lebih 59 bus, dari DKI Jakarta 35 bus, dari Jasa Raharja 15 bus dan juga dari Pemkot Surakarta 3 bus," ungkapnya saat ditemui bakabar.com pada Sabtu, (15/04).

Jumlah tersebut, menurut Bandiyono, mengalami peningkatan 35% dari tahun sebelumnya. Dimana saat ini sudah ada 16.000 penumpang.

Baca Juga: Petugas Periksa Kelayakan Bus untuk Mudik Secara Acak di Terminal Tanjung Priok

"Saat ini masih penumpang lokal dari Soloraya. Untuk penumpang dari Jakarta nanti malam atau besok pagi. Prediksi lonjakan penumpangnya tetap di tanggal 19 April," terangnya.

Untuk menghindari penumpukan penumpang di Terminal Tirtonadi, pihaknya telah menyiapkan ruang parkir khusus bagi bus pemudik, drop off bagi penumpang hingga membagi arus kendaraan sesuai dengan jurusannya.

Untuk pengaturannya sendiri di Terminal Tirtonadi dibagi ke dalam 2 lokasi. Terminal Timur dan juga Terminal Barat.

"Itu memudahkan pemudik. Nanti kalau di wilayah timur berarti kita pisahkan penumpang yang arah Surabaya, Bali kemudian Madiun, Ngawi dan seterusnya. Kalau di terminal barat kita peruntukkan untuk penumpang Jabodetabek Sumatera, Semarang, Jogja, jadi lebih mudah plotingnya," papar Bandiyono.

Baca Juga: Program Bus Listrik, ITDP: Mampu Kurangi 40% Emisi GRK di 2030

Beberapa fasilitas pendukung untuk memberi kenyamanan dan keamanan bagi para pemudik yang tiba di Terminal Tirtonadi Solopun tengah disiapkan.

"Kita siapkan ruang tunggu khusus untuk penumpang beristirahat untuk melanjutkan armada selanjutnya. Kami buka juga posko 24 jam yang ada di hall tengah," paparnya.

Loket penjualan tiket bus malam juga disediakan mengantisipasi pemudik yang kesusahan mencari tiket.

Sementara itu Eka Nur Arifin, pengurus Po bus Eka Mira di Terminal Tirtonadi Solo mengaku sudah mempersiapkan cadangan bus untuk mudik Lebaran tahun ini.

Baca Juga: Pemprov DKI Belum Putuskan Kenaikan Tarif Bus TransJakarta

"Untuk sementara patas itu, kita sediakan 75 armada perharinya, dari Surabaya ke barat. Kalau ekonomi 30 armada. Kita persiapkan juga cadangan ada 8 armada. Tapi untuk hari ini belum. Ini masih standar, dari 40 seat ini baru terisi sebagian 25 seat, belum bisa sampai full seat," ujarnya.

Eka memprediksi lonjakan penumpang akan terjadi saat arus balik berkaca dari mudik tahun lalu.

"Tahun kemarin yang patas 95 nan kalau ekonomi 45. Tahun ini kemungkinan melonjak, karena mudik gratis itu perkiraan lebih. Titik kumpulnya di Solo, di terminal. Kalau tahun kemarinkan titik turunnya ndak di terminal ada yang di Manahan," tandasnya.

Baca Juga: H-10 Lebaran, Jumlah Penumpang di Terminal Tirtonadi Naik 200 Persen

Sementara untuk rute yang paling diminati sendiri adalah rute Solo-Surabaya hingga Solo-Nganjuk.

"Dari harga bus Eka full tol, dari 155 ribu. Kalau sama makan 175 ribu, kalau nda ngetoll atau yang keluar masuk 165 ribu plus makan, tanpa makan 145 ribu," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner