Arus Mudik 2023

Korlantas Kembali Berlakukan Skema Lalu Lintas One Way dan Contraflow

Setelah menghentikan skema rekayasa lalu lintas one way pada arus balik. Korlantas Polri kembali memberlakukan sistem one way atau satu arah

Featured-Image
Warga yang memilih mudik menggunakan sepeda motor. (Foto: Antara)

bakabar.com, JAKARTA - Setelah menghentikan skema rekayasa lalu lintas one way pada arus balik. Korlantas Polri kembali memberlakukan sistem one way atau satu arah dari Km 188 Gerbang Tol (GT) Palimanan sampai Km 72 Tol Jakarta Cikampek.

Kabagops Korlantas Polri Kombes Eddy Djunaedi mengatakan, skema tersebut diberlakukan kembali pada pukul 14.30 WIB dini hari sampai dengan selesai dan sebelum diberlakukan skema satu arah akan dilakukan pembersihan jalur terlebih dahulu.

"29 April 2023 akan diberlakukan pembersihan jalur pukul 13.00 sampai 14.30 WIB," kata Eddy, Sabtu (29/4).

Baca Juga: Dinilai Kondusif, Korlantas Polri Hentikan Arus One Way Arah Jakarta

Tidak hanya skema one way,  sistem contraflow juga diberlakukan dari Km 72 Tol Jakarta Cikampek sampai dengan Km 42.

"Pelaksanaan skema one way atau satu arah itu bersifat situasional berdasarkan diskresi kepolisian," ujarnya.

Diketahui, Polda Metro Jaya bersama Korlantas Polri telah menghentikan skema rekayasa lalu lintas one way yang berlangsung dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 72 Tol Cikampek.

Baca Juga: Dirlantas Polda Soal Kemacetan Jakarta: Kalau Enggak Ada Tol Setengah Mati Kita

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman mengatakan skema rekayasa lalu lintas dalam bentuk contraflow dan one way telah disetop setelah volume kendaraan menurun.

"Begitu juga dengan contraflow dari KM 72 sampai KM 47 juga dihentikan, karena volume angkutan yang melintasi Kalikangkung sudah memenuhi syarat untuk tidak dilakukan rekayasa, termasuk one way," kata Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Latif Usman.

Walaupun sudah dihentikan, Latif mengatakan kalau pihaknya tetap siaga hingga tanggal 1 Mei 2023 jika lonjakan kendaraan kembali terjadi pada arus balik.

Baca Juga: Diskon Tarif Tol, Jasa Marga: Maksimalkan Distribusi Lalin Arus Balik

"Nanti kalau masih ada peningkatan lagi khususnya di tanggal 30 April dan 1 Mei, akan kita perpanjang lagi atau berlakukan kembali contraflow sampai dengan KM 36. Begitu juga kita perpanjang contraflowsampai dengan KM 3," ujar Latif.

Sebelumnya, Korlantas Polri menyatakan telah memberlakukan skema one way dan contraflow di hari kedua arus balik Lebaran 2023. Penyetopan mulai dari Km 414 Gerbang Tol (GT) Kalikangkung Semarang hingga Km 72 GT Cikampek.

"Saat ini, rekayasa lalu lintas one way sudah dilaksanakan dari Km 414 (GT Kalikangkung), sampai dengan Km 72 (GT Cikampek). Dilanjutkan dengan rekayasa contraflow 2 lajur dari Km 72, sampai dengan Km 47 Ruas Jakarta-Cikampek," ujar Kabag Ops Korlantas Polri, Kombes Pol Eddy Djunaedi pada awal arus balik.

Editor


Komentar
Banner
Banner