Arus Mudik 2023

H-10 Lebaran, Jumlah Penumpang di Terminal Tirtonadi Naik 200 Persen

Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah mengalami kenaikan sekitar 200 - 300 persen.

Featured-Image
Pintu masuk Terminal Tirtonadi (apahabar.com/Arimbihp)

bakabar.com, JAKARTA - Kenaikan jumlah penumpang di Terminal Tirtonadi, Kota Surakarta, Jawa Tengah mengalami kenaikan sekitar 200 - 300 persen.

"Berdasarkan data per Selasa (12/11) atau H-10 Lebaran, aktivitas di Terminal Tirtonadi Solo mulai ramai," kata Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tirtonadi, Bandiyono kepasa bakabar.com, Sabtu (15/4).

Ia menilai, jika dibandingkan dengan 2022, jumlah kedatangan meningkat signifikan. Dari data tahun 2022 diketahui pengguna bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) mencapai 1247 penumpang. Saat ini angkanya mengalami kenaikan menjadi 4122.

Bandiyono menjelaskan, kenaikan tersebut setara dengan 231 persen. Sementara itu khusus untuk angkutan Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), angkanya juga mengalami peningkatan signifikan.

Baca Juga: Jumlah Pemudik Melalui Bandara Internasional Adi Sumarmo Diprediksi Naik 31 Persen

"Dari data 2022 penumpang H-10 lebaran terdapat 579, sedangkan tahun ini sudah tercatat 2541 orang. Naik 339 persen," jelasnya.

Kendati demikian, menurut Bandi, jika dibandingkan dengan hari biasa, kenaikan jumlah pengguna hanya berkisar 10 persen saja. Kenaikan aktivitas penumpang tersebut masih dalam kondisi normal dan belum termasuk dalam kategori pemudik.

"Kebanyakan masih lokal saja, belum ada dari Jabodetabek," ungkapnya.

Lebih lanjut, Bandi memprediksi, lonjakan pemudik akan terjadi mulai tanggal 19 hingga 21 April mendatang. Untuk itu, terminal Tirtonadi telah menyiapkan sejumlah hal sebagai langkah antisipasi.

Baca Juga: Astra Sediakan Pos, Bengkel hingga Garda Siaga selama Mudik Lebaran 2023

"Terminal Tirtonadi juga akan menyiapkan beberapa persiapan penyambutan dengan menghadirkan tempat parkir khusus bus mudik gratis, tempat tunggu pemudik hingga tempat parkir sepeda motor sementara," kata Bandi.

Tak hanya itu, pihak terminal juga menyiapkan area khusus agar ruang parkir bus mudik tidak mengganggu rugang gerak bus reguler. Hal yang sama untuk lokasi parkir sepeda motor yang dikirim menggunakan bus.

"Lalu untuk pengiriman sepeda motor atau barang-barang akan didrop di lantai 1 dan untuk penyimpanan di lantai 2," terang Bandiyono.

Dengan begitu, pemudik yang berangkat lebih dahulu dapat mengambil sepeda motornya setelah tiba di Terminal Tirtonadi.

Baca Juga: Menhub Buka Posko Angkutan Lebaran 2023 Antisipasi Lonjakan Pemudik

"Jika pemudik datang dahulu bisa menunggu motor datang. Bisa memantau kendaraannya sampai mana juga, karena ada petugas khusus yang update pengiriman motor," kata Bandi.

Selain itu, Bandi menuturkan, pihaknya telah menyediakan ruang parkir khusus di lantai 2 area sport hal Tirtonadi untuk sementara waktu.

Editor
Komentar
Banner
Banner