Info Pendidikan

10 Jurusan Kuliah yang Sepi Peminat dengan Peluang Kerja Menjanjikan

Tahukah Anda bahwa ada jurusan kuliah yang jarang diketahui oleh calon mahasiswa dapat diartikan sepi peminatnya, tapi memiliki peluang kerja besar.

Featured-Image
Jurusan kuliah dengan peluang menjanjikan (Foto: dok. Aditya Rizky)

bakabar.com, JAKARTA - Memilih jurusan kuliah adalah hal yang selektif dilakukan oleh calon mahasiswa. Jurusan kuliah yang favorit seperti ekonomi, komunikasi, kedokteran, teknik telah menjadi incaran calon mahasiswa karena akan mendapatkan peluang yang besar pada dunia kerja nantinya.

Saking banyaknya yang mendaftar pada jurusan tersebut mengakibatkan seleksi pun semakin ketat. Hal tersebut dapat menyebabkan banyak calon mahasiswa akhirnya gugur dari seleksi di jalur favorit itu.

Namun, tahukah Anda bahwa ada jurusan kuliah yang jarang diketahui oleh calon mahasiswa dapat diartikan sepi peminatnya, tapi memiliki peluang kerja besar.

Berikut ini adalah 10 jurusan kuliah yang sepi peminat namun memiliki peluang yang besar di masa depan:

1. Jurusan Astronomi

Jurusan ini mengandung unsur-unsur antariksa yang akan menjadi bahan utama studi. Jurusan ini termasuk sepi peminat karena dianggap sulit karena belum diketahui prospek kerja kedepannya.

Padahal setelah lulus dari jurusan ini, dapat berkerja di lembaga yang menjanjikan seperti BMKG, NASA, LAPAN bahkan astronot.

Baca Juga: Tak Lulus Kuliah, Begini Kisah Steve Jobs sampai Sukses Mendirikan Apple

2. Jurusan Kehutanan

Jurusan ini mempelajari tentang kehutanan, dan ilmu mengenai cara pengelolaan hutan serta segala hal yang ada di hutan.

Lulusan dari jurusan ini dapat bekerja di berbagai bidang seperti Peneliti, konsultan, pegawai di lembaga kehutanan nasional hingga internasional.

3. Jurusan Filsafat

Jurusan ini mempelajari banyak hal mulai dari perilaku dan fenomena manusia serta cara bersikap kritis dalam menyelesaikan masalah. Setelah lulus, Anda bisa menjadi penasehat penelitian, penasehat negara serta bekerja di industri kreatif.

4. Jurusan Arkeologi

Jurusan ini mempelajari ilmu tentang kebudayaan manusia masa lalu dan sekarang melalui sebuah kajian sistematis berdasarkan data benda-benda yang ditinggalkan.

Para lulusan arkeologi bisa bekerja sebagai peneliti, ahli benda bersejarah, bahkan Anda mempunyai peluang untuk direkrut oleh para ilmuan luar negeri.

Baca Juga: Bukan Cuma Universitas, Ini 6 Jenis Perguruan Tinggi di Indonesia

5. Jurusan Oseanografi

Jurusan ini mempelajari tentang berbagai aspek kelautan seperti organisme laut dan dinamika ekosistem, arus gelombang, samudra, geologi dasar laut.

Profesi yang ditekuni seperti metocean engineer, coastal modeler, oceanographer, hingga peneliti di lembaga swasta atau pemerintahan.

6. Ilmu Perpustakaan

Jurusan ini mempelajari tentang pengelolaan perpustakaan, manajemen, hingga teknologi informasi di dalamnya. Lulusan ini akan berprofesi sebagai document controller atau bisa sebagai sekretaris.

7. Sastra Jawa

Walaupun jurusan ini tidak terlalu terkenal seperti sastra inggris, sastra jepang hingga sastra korea namun jurusan ini sering dibutuhkan. Lulusan jurusan ini dapat berprofesi sebagai ahli bahasa, penerjemah, hingga menjadi dosen.

Baca Juga: Cara Memilih Sepatu Olahraga agar Terhindar dari Cedera

8. Manajemen Transportasi

Jurusan ini mempelajari berbagai prospek dan macam transportasi mulai dari menghitung biaya operasional kendaraan, tarif yang berlaku hingga bahan bakar yang digunakan.

Peluang kerja yang ditawarkan seperti manajer transportasi udara, laut ataupun darat, biro travel, perencana transportasi, bagian keuangan perusahaan transportasi atau konsultan manajemen transportasi.

9. Fisioterapi

Jurusan kesehatan ini memang jarang diminati, namun lulusan ini banyak dibutuhkan di berbagai rumah sakit dan klinik profesional.

10. Kearsipan

Setiap perusahaan memiliki banyak kearsipan, data, hingga dokumen penting. Maka dari itu perusahaan pasti membutuhkan kearsipan. Peluang kerja ini sangat berperan penting di beberapa perusahaan.

Editor
Komentar
Banner
Banner