Info Pendidikan

Kering Ide dan Stuck? Ini 5 Tips Menentukan Judul Skripsi

Dalam proses penyusunan skripsi, tidak sedikit mahasiswa yang bahkan kesulitan menentukan judul

Featured-Image
Ilustrasi mahasiswa kebingungan saat menentukan judul skripsi (Foto: Depositphotos)

bakabar.com, JAKARTA - Skripsi termasuk salah satu syarat yang mesti dipenuhi mahasiswa guna memperoleh gelar sarjana. Dalam proses penyusunannya, tidak sedikit yang bahkan telah kesulitan menemukan topik dan judul yang tepat.

Untuk mengatasi hal tersebut, ada beberapa tips yang bisa diterapkan. Berikut ulasannya yang dikutip dari laman Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT):

1. Kenali minat dan ketertarikan

Skripsi bukanlah karya ilmiah yang bisa diselesaikan dalam waktu hitungan hari. Proses pengerjaannya bisa memakan waktu berbulan-bulan.

Untuk itu, pilihlah topik yang sesuai dengan minat dan ketertarikan. Dengan demikian, proses penyelesaian skripsi pun jadi terasa lebih mudah.

Minat itu sendiri bisa digali ketika pikiran sedang tenang. Oleh karenanya, cobalah luangkan waktu untuk mengenali passion yang ada dalam diri sendiri 

2. Cari referensi yang berkaitan dengan minat

Setelah mengetahui minat dan mendapat gambaran, lakukan riset terkait penelitian serupa. Carilah referensi sebanyak mungkin, baik dari perpustakaan kampus maupun situs-situs ilmiah di internet.

Pahami pembahasan pada penelitian terdahulu, kemudian cari celah kekurangannya. Celah inilah yang bisa dijadikan poin pembahasan utama pada skripsi.

3. Perbanyak ikut seminar dan workshop

Selain mencari informasi dari penelitian terdahulu, wawasan tersebut juga bisa digali dari seminar atau workshop. Cobalah ikuti kegiatan yang berhubungan dengan minat dan topik pembahasan skripsi.

Dengan mendengar informasi dari pembicara, tak menutup kemungkinan akan muncul ide-ide lain terkait tema skripsi. Hal ini tentu dapat dijadikan sebagai bahan pertimbangan.

4. Lakukan pengamatan

Informasi juga bisa diperoleh dengan mengamati lingkungan sekitar. Cobalah analisis fenomena yang tengah terjadi di masyarakat, baik melalui pengamatan langsung maupun pantauan lewat internet.

5. Sesuaikan tema dengan tenggat waktu

Hal yang tak kalah penting dalam menentukan judul skripsi ialah menyesuaikan tema dengan tenggat waktu.

Meskipun topik yang diusung bagus, pastikan tema tersebut tidak membutuhkan kajian yang terlalu mendalam. Sebab, hal itu akan memperpanjang waktu penelitian. 

Sebaiknya, pilihlah tema yang mudah dan cepat, namun tetap berbobot. Itulah lima tips menentukan judul skripsi.

Perlu diingat, hal terpenting adalah Anda harus benar-benar memahami topik yang hendak diusung. Dengan begitu, niscaya judul skripsi yang diajukan bakal langsung disetujui oleh dosen pembimbing.

Editor


Komentar
Banner
Banner