Darurat Karhutla

1 Hektare Lahan di Palangka Raya Ludes Dilalap Karhutla

Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalap lebih satu hektare lahan yang dipenuhi semak belukar di Jalan G Obos 14 dan 24, Kelurahan Menteng, Jekan Raya, Kota

Featured-Image
Petugas saat memadamkan api di lahan yang menghanguskan bangunan milik warga di Jalan G.Obos Palangka Raya.

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Kebakaran hutan dan lahan (karhutla) melalap lebih satu hektare lahan yang dipenuhi semak belukar di Jalan G Obos 14 dan 24, Kelurahan Menteng, Jekan Raya, Kota Palangka Raya, Sabtu (16/9).

Mengetahui kobaran api semakin membesar, warga langsung melaporkan kondisi tersebut ke Satgas Karhutla.

Setiba di lokasi, petugas mengalami kendala sumber air yang jauh dari lokasi. Mengantisipasi api semakin meluas, petugas kemudian terpaksa melakukan pemadaman dengan alat seadanya dibantu warga sekitar.

Baca Juga: Dag Dig Dug Karhutla di Kalsel, Pemotor Celaka di Bandara Syamsudin Noor

"Bersama BPBD dan relawan, kami berhasil memadamkan api setelah bekerja selama sekitar 1 jam," jelas Sertu Kasan Nudin, anggota Satgas Karhutla Palangka Raya, Sabtu (17/9)

Hingga pertengahan September 2023, sebanyak 335 kejadian karhutla telah ditangani Tim Satgas Karhutla Palangka Raya. Sedangkan luasan lahan yang terbakar mencapai 202,23 hektare di empat kecamatan.

Karhutla terbanyak tercatat di Jekan Raya sebanyak 198 kejadian, disusul Kecamatan Sebangau 81 kejadian, Kecamatan Pahandut 51 kejadian dan Kecamatan Bukit Batu 8 kejadian.

Editor


Komentar
Banner
Banner