Nasional

Karhutla Kalsel Jadi Atensi Penuh Mabes Polri

apahabar.com, BANJARMASIN – Setelah Wakapolri Komjen Ari Dono, giliran Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen…

Featured-Image
Giliran Irwasum Mabes Polri, Komjen Pol Moechgiyarto turun langsung ke Kalimantan Selatan, Rabu (25/9) siang. Jenderal bintang tiga itu meninjau lokasi kebakaran hutan dan lahan, salah satunya di Martapura. apahabar.com/Riyad Dhafi

bakabar.com, BANJARMASIN – Setelah Wakapolri Komjen Ari Dono, giliran Inspektur Pengawasan Umum (Irwasum) Mabes Polri, Komjen Pol Moechgiyarto turun langsung ke Kalimantan Selatan, Rabu (25/9) siang.

Kedatangan lulusan terbaik Akpol 1986 itu guna meninjau langsung lokasi kebakaran hutan dan lahan atau karhutla yang mendera Bumi Lambung Mangkurat sejak 3 bulan belakangan.

Pantauan bakabar.com, beranjak dari Bandara Tjilik Riwut, Kalteng, jenderal bintang tiga itu mendarat di Lanud Syamsudin Noor, Kalimantan Selatan.

Beristirahat sejenak, dengan iring-iringan mobil, Moechgiyarto melakukan peninjauan ke posko Satgas Karhutla di Cindai Alus, Martapura.

Siang itu, ia didampingi langsung oleh Kapolda Kalsel, Irjen Pol Yazid Fanani, Danrem 101/Antasari, Letkol Inf Syech Ismed serta sejumlah pejabat utama di lingkup Polda Kalsel.

Dari sana, dilanjutkan peninjauan menuju posko Satgas Karhutla di Jalan Lingkar Selatan.

Moechgiyarto melihat langsung keadaan lahan gambut yang terbakar dan sejumlah petugas yang berjibaku memadamkan api.

Moechgiyarto menyimpulkan, sejauh ini penanganan kebakaran lahan di Kalteng dan Kalsel sudah cukup maksimal.

“Karena memang yang dikerjakan ini lahan gambut yang susah untuk dipadamkan, tentunya setiap Polda terus melakukan berbagai inovasi-inovasi untuk mengatasi kebakaran lahan di daerahnya,” tuturnya.

Kemudian pihaknya, kata dia, akan terus mengevaluasi kekurangan-kekurangan yang ada dalam penanggulangan bencana karhutla.

Esok hari, rencananya Moechgiyarto akan kembali meninjau sejumlah titik terjadinya kebakaran lahan di Provinsi Kalsel.

Baca Juga: Polda Kalsel Tetapkan 18 Orang dan 2 Korporasi Tersangka Karhutla

Baca Juga: Acungkan Golok, Pembakar Lahan di Mataraman Disergap

Reporter: Riyad Dafhi R
Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner