Politik

Pegang Tiga Nama Kandidat Calon Wali Kota, PDIP Kalsel Beri ‘Isyarat’ Pembentukan Koalisi

apahabar.com, BANJARMASIN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel)…

Featured-Image
PDI Perjuangan salah satu pertai terbesar di Indonesia. Foto-net

bakabar.com, BANJARMASIN – Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P) Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) telah menerima tiga nama kandidat calon wali kota Banjarmasin, seperti yang telah diusulkan DPD Taruna Merah Putih (TMP) beberapa waktu lalu.

“Ya, kita telah memegang ketiga nama kandidat calon wali kota Banjarmasin,” ucap Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kalsel, H Supiansyah kepada bakabar.com, Minggu (23/06/2019).

Baca Juga: Golkar Pede Usung Paman Birin Tanpa Partai Koalisi

Adapun ketiga nama itu, yakni wakil wali kota Banjarmasin saat ini Hermansyah, wakil ketua DPRD Kalsel Muhaimin dan ketua KNPI Kalsel Fazlur Rahman.

“Saat ini tiga nama itu dulu yang akan kita usulkan,” ujar ketua DPRD Tanah Bumbu ini.

Selaku petinggi partai, lelaki yang sering disapa Haji Upi ini memberikan ruang kepada ketiga kandidat agar melakukan lobi kepada partai politik lain untuk berkoalisi.

Mengingat, PDI Perjuangan masih kekurangan empat kursi agar bisa mengusung calon wali kota Banjarmasin.

“Ya, kita dari partai juga mengusahakan terbentuknya koalisi. Semua masih dalam kondisi cair dan semua kemungkinan bisa terjadi,” tegasnya.

Saat disinggung kemungkinan PDIP Kalsel akan berkoalisi dengan PAN, ia pun menilai tak menutupkemungkinan. Begitu jua berkoalisi dengan PKS dan Golkar.

“Bisa saja kita berkoalisi lagi dengan PKS seperti Pilkada sebelumnya,” imbuhnya.

Lantaran situasi politik masih cair, ia pun menilai tak menutup kemungkinan ketiga nama kandidat itu bisa menjadi calon wakil wali kota Banjarmasin. Semua tergantung kesepakatan koalisi yang terbentuk nantinya.

Sebelumnya, sayap kanan partai politik milik PDI Perjuangan, Dewan Pengurus Daerah (DPD) Taruna Merah Putih (TMP) Kalsel menyodorkan tiga nama kandidat calon wali kota Banjarmasin di pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2020 mendatang.

“Pastinya TMP Kalsel akan menyodorkan nama kader-kader potensial dari PDI Perjuangan,” ucap Ketua DPD Taruna Merah Putih (TMP) Provinsi Kalimantan Selatan, Syaripudin kepada bakabar.com, Jumat (21/06/2019) lalu.

Adapun ketiga nama yang diusulkan itu, di antaranya wakil wali kota Banjarmasin Hermansyah, wakil ketua DPRD Kalsel Muhaimin dan ketua DPD Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Kalsel Fazlur Rahman.

“Hermansyah sebagai wawali kota Banjarmasin sekarang, Muhaimin adalah wakil ketua DPRD Kalsel dan Fazlur Rahman sebagai kader muda PDIP serta ketua KNPI Kalsel,” tegasnya.

Ketiga nama itu, tambah dia, secepatnya akan diserahkan kepada partai. DPD TMP Kalsel tetap mengikuti mekanisme partai, sehingga apa yang menjadi keputusan partai akan didukung oleh TMP Kalsel.

“Bahkan, DPD TMP Kalsel bersedia menjadi garda terdepan untuk mensukseskannya,” pungkasnya.

Baca Juga: Digugat Sesama Caleg Demokrat Banjarmasin, Gusti Yuly Tunggu Keputusan MK

Reporter: Muhammad Robby
Editor: Ahmad Zainal Muttaqin



Komentar
Banner
Banner