Jember Fashion Carnival

World Kids Carnival JFC Jember, Berkonsep Pesta Demokrasi hingga IKN

Pagelaran event Jember Fashion Carnival (JFC) 2023 telah memasuki hari kedua. Pagelaran JFC ini dikemas dengan sejumlah pesan ajakan untuk berpolitik dengan dam

Featured-Image
World Kids Carnival JFC Jember, Sabtu (5/8). (Foto: apahabar.com/M Ulil Albab)

bakabar.com, JEMBER - Pagelaran event Jember Fashion Carnival (JFC) 2023 telah memasuki hari kedua. Pagelaran JFC ini dikemas dengan sejumlah pesan ajakan untuk berpolitik dengan damai, hingga mengangkat tema Ibu Kota Nusantara (IKN).

Pada hari kedua ini, JFC dimeriahkan 400 talent yang masih berusia 6-15 tahun, dilanjutkan Grand Carnival pada malam hari yang dikuti sejumlah talent dewasa, Sabtu (5/8).

Presiden JFC Budi Setiawan mengatakan anak-anak di Jember ini berkolaborasi langsung dengan para talent asal Jepang. Ada yang melukis di atas kereta dan menyanyi.

"Pesan yang ingin disampaikan, kita semua adalah satu, yang bisa menyatukan banyak hal," kata Budi kepada bakabar.com, Sabtu (5/8).

Baca Juga: Tolak Pemutusan Kontrak Kerja, Puluhan Buruh Geruduk DPRD Jember

Sepanjang acara yang berlangsung hingga pukul 13.00 WIB, peserta World Kids Carnival JFC berjalan mengelilingi Alun-alun Jember dengan iringan musik anak. Mereka sebagian besar berasal dari sekolah-sekolah di Kabupaten Jember sendiri.

"Semua musik anak-anak, meski yang musik Jepang kita tidak tahu artinya," katanya.

Budi mengatakan ada sepuluh tema desain kostum yang dikenakan anak-anak, dari Bigbang, Empire, Religic, World War hingga Nusantara. Semuanya masuk dalam tema besar Timelaps; Journey of the Earth.

Tahun ini, pihaknya memilih sejumlah tema isu global dan nasional. Salah satu isu nasional yang dibidik yakni menyambut pesta demokrasi Pemilu 2024.

Baca Juga: Asa Petani Tembakau Jember: Utang Bank Plecit hingga Menagih Janji

Lewat kostum yang ditampilkan, pihaknya berupaya mengkampanyekan makna pesta demokrasi.

Menurutnya, pesta demokrasi harusnya membawa kebahagiaan, bahwa masyarakat memilih untuk Indonesia, bukan untuk memilih partai. Sederhananya, memilih dengan harapan agar Indonesia bisa menjadi lebih baik ke depannya.

"Esensi pesta demokrasi adalah berbahagia, bukan saling bermusuhan," katanya.

Tema lain yang bakal ditunjukkan, yakni mengenalkan rencana pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN). Konsep Nusantara akan ditampilkan agar orang bersatu, bergembira dalam kebhinekaan.

Baca Juga: PHRI Jember: Banyak Rumah Makan Beromzet Besar Pakai Elpiji 3 Kg

Budi mengatakan, pada malam hari nanti, Anak anak sebagian juga kembali tampil memeriahkan Grand Carnival pada pukul 18.00 WIB nanti. Mereka akan berjalan dari Alun-alun Jember menuju Jl Sultan Agung kemudian Jl Gajahmada dan finish di GOR PKPSO.

Dalam Grand Carnival tersebut Menparekraf Sandiaga Uno dan Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa dijadwalkan akan hadir untuk menyaksikan.

Pada malam itu juga, akan ada defile tema Ibu Kota Nusantara (IKN) yang dipimpin oleh Bupati diikuti oleh semua Kepala OPD.

Editor


Komentar
Banner
Banner