News

Wahai Pecinta Kopi! Selamat Datang di Era ‘Ngopi Instagenik’

apahabar.com, JAKARTA –  Selamat datang di era third wave coffee, yakni masa ketika orang menikmati kopi bukan sekadar…

Featured-Image
Menikmati kopi dengan cara yang instagenik. Foto- Cosmopolitan

bakabar.com, JAKARTA- Selamat datang di erathird wave coffee,yakni masa ketika orang menikmati kopi bukan sekadar untuk melepas dahaga atau pemompa semangat, melainkan kandungan kafein dalam kopi sudah menjadi kebutuhan.

Menyambut fenomena tersebut, tidak mengherankan jika tempat buat ngopi pun menjamur dengan menawarkan gaya meminum kopi dengan konsep berbeda-beda. Ada yang ingin menjual tempat, menjual rasa, dan menjual harga. Kedai kopi makin semarak bermunculan dengan mengusung tema bahkan filosofi tertentu.

Seperti social space dengan area ruang sosial yang terbuka dan interaktif, rooftop yang menyulap atap gedung sebagai ruang sekaligus lansekapnya, cozy dengan desain nyaman dan intim, hingga hidden gem yang menjadikan lokasi tersembunyi sebagai konsep utamanya.

Selain tempat yang mendukung, beberapa hal ini menjadi alasan penikmat kopi setia bertandang ke coffee shop:

Kualitas dan Ragam Kopi

Bagian terpenting dari sebuahcoffee shopadalah produk yang dijual. Memilih biji terbaik dan proses pengolahan yang baik menjadi kunci cita rasa kopi berkwalitas.Ragam menu minuman kopi sangat diperlukan sebab Coffee shopadalah tempat pelanggan minum kopi. Jadi di sini kopi menjadi inti. Lain halnya kalau mengsusung nama 'café' atau 'restoran', maka menu kopi hanyalah pilihan.

Mengikuti Perkembangan

Seperti halnyafashion, industri kopi juga berkembang. Maka sebuahcoffee shopyang baik haruslah mengikut arus perkembangan. Salah satunya ialah update dengan cita rasa kopi yang sedang digandrungi. Selain jenis, metode penyajiannya juga perlu diperhatikan. Misalnya saat inimanual brewing methodsmenjadi trend, maka sebaiknya coffee shopmelengkapi perangkatnya denganmanual brewdan mendidik para baristanya untuk menyajikan kopi dengan metode ini.

Barista di Barisan Terdepan

Barista adalah kunci dari sebuahcoffee shop.Mereka bukan sekadar pekerja yang bertugas meracik kopi yang nikmat, melainkan juga harus bisa berkomunikasi dengan baik kepada siapa saja yang datang. Menjawab pertanyaan dengan ramah dan memberi penjelasan penuh antusias mengenai varian kopi kepada pelanggan yang bertanya.

Suasana Instagenik

Suasana merupakan sebuah tawaran terpenting yang menjadikan coffee shop dikunjungi banyak orang. Kenyamanan interior, pencahayaan, serta detail dengan tema-tema tertentu. Desain yang dibuat instagenik pun menjadi magnet tersendiri. Banyak pelanggan ingin datang untuk menikmati secangkir kopi sembari mengambil foto yang akan diunggah ke media sosialnya.

Inilah beberapa poin penting yang menjadi alasan pelanggan ke coffee shop. Bagaimana dengan Anda? (Tasya)



Komentar
Banner
Banner