Pemilu2024

Waduh, KPU Jakarta Utara Temukan Ratusan Surat Suara Rusak

apahabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara menyebutkan hasil terkini terkait sortir-lipat surat suara Pemilu 2024. Hingga 5 Januari 2024

Featured-Image
Ilustrasi Surat Suara Tiba di HST. Foto-

bakabar.com, JAKARTA - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Utara mengungkapkan lebih dari 500 lembar surat suara mengalami kerusakan. Berdasarkan catatan hingga 5 Januari 2024.

Komisioner KPU Jakut Divisi Teknis Ibnu Affan mengatakan, ratusan surat suara yang rusak itu ditemukan dari hasil penyortiran. Penyortiran yang dilakukan di dua gudang KPU Jakut.

“Total 529 surat suara rusak. Itu tercatat di gudang KPU Jakarta Utara di Tanjung Priok 359 lembar surat suara dan di Semper (Cilincing) sebanyak 170 surat suara,” kata Ibnu, saat dikonfirmasi, Senin (8/1).

Baca Juga: KPU Pastikan Penyaluran Logistik Pemilu Tahap 1 Telah Rampung

Ibnu menjelaskan, Sejak tanggal tersebut hingga 5 Januari 2024, total sebanyak 1.304 boks surat suara diterima di gudang Tanjung Priok dan 255 boks surat suara diterima di gudang Cilincing.

Total 901.715 surat suara dinyatakan dalam kondisi baik dan sudah dilipat alias siap digunakan.

“Untuk hasil penyortiran sebanyak 651.752 surat suara dalam kondisi baik (di Tanjung Priok). Dan 249.963 surat suara juga dalam kondisi baik (di Semper),” ucap Ibnu.

Baca Juga: KPU Kota Depok Temukan 200 Kotak Suara Rusak

Hingga saat ini, jenis surat suara yang diterima di KPU Jakarta Utara masih merupakan surat suara Calon Legislatif DPRD DKI Jakarta.

Ibnu mengungkapkan, target penyelesaian pelipatan surat suara ini selama 30 hari ke depan.

Itu termasuk penyortiran dan pelipatan surat suara pemilihan presiden. Ibnu menyatakan, seluruh petugas yang dikerahkan dalam rangka sortir-lipat surat suara adalah mereka yang berpengalaman.

Editor


Komentar
Banner
Banner