Borneo Hits

Waduh! Banyak Anggota Dewan Absen di Paripurna Harjad ke-74 Banjar

Bertema Rakat Bersama, Rapat Paripurna DPRD Banjar dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-74 Kabupaten Banjar tahun 2024, tampak banyak kursi kosong, Rabu (14/8)

Featured-Image
Banyak kursi kosong dalam rapat paripurna Harjad ke-74 Kabupaten Banjar, Rabu (14/8). Foto: Hendra Lianor/bakabar.com

bakabar.com, MARTAPURA - Bertema Rakat Bersama, rapat paripurna DPRD dengan agenda Peringatan Hari Jadi ke-74 Banjar 2024, Rabu (14/8), justru diwarnai banyak kursi kosong.

Bahkan rapat sedianya dimulai pukul 09.30 Wita. Namun molor selama beberapa jam, hingga akhirnya baru dimulai pukul 11.30 Wita.

Terpantau kursi anggota dewan yang terisi hanya 25, ditambah 4 pimpinan dewan yang duduk paling depan. Artinya dari total 45 orang, sebanyak 16 di antaranya memilih absen.

Meski sepertiga anggota dewan tidak hadir, rapat paripurna yang dipimpin Ketua HM Rofiqi itu berjalan lancar hingga akhir.

Baca Juga: Paripurna Harjad ke-74 Banjar, Saidi Mansyur Tekankan Kebersamaan Membangun Daerah

Sementara Sekretaris DPRD Banjar, Aslam, tidak bisa menjelaskan perihal 16 anggota dewan yang tidak hadir, "Saya minta maaf dan no comment soal itu," tukasnya.

"Dalam tata tertib DPRD Banjar, sebenarnya rapat paripurna hari jadi tidak masuk kategori rapat paripurna istimewa. Namun karena bertepatan dengan hari jadi, sehingga banyak yang menyebut rapat paripurna istimewa," jelasnya.

Oleh karena tidak masuk kategori istimewa, rapat paripurna hari jadi tak membutuhkan kuorum seperti rapat paripurna yang bertujuan mengambil keputusan atau penetapan.

"Penyelenggaraan rapat paripurna hari jadi berbeda dengan rapat paripurna biasanya. Kalau paripurna biasanya harus memenuhi kuorum, sedangkan paripurna hari jadi tidak wajib kuorum," tutup Aslam.

Editor


Komentar
Banner
Banner