Pemkab Kotabaru

Wabup Kotabaru Resmikan Kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan

apahabar.com, KOTABARU – Dewan Musyawarah Pusat (DMP) Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) kini memiliki kantor…

Featured-Image
Wakil Bupati Kotabaru Andi Rudi Latif saat meresmikan kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan di Hampang Kotabaru. Foto-Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Dewan Musyawarah Pusat (DMP) Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia (MUKK-I) kini memiliki kantor baru di Kecamatan Hampang, Kotabaru, Kalsel.

Kantor baru itu pun diresmikan Wakil Bupati Kotabaru, Andi Rudi Latif, didampingi Ketua DPRD Kotabaru, Syairi Mukhlis, dan Forkopimda. Itu ditandai dengan pemotongan pita, dan nasi tumpeng, Senin (13/12).

Andi Rudi Latif mengatakan, Indonesia memiliki kekayaan yang patut disyukuri. Keanekaragaman yang terdiri dari suku bangsa memiliki perbedaan satu dengan lainnya dalam bingkai NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

Salah satu buktinya, yakni adanya kepercayaan Kaharingan yang ada di negara termasuk Kotabaru hingga menambah kemajemukan di tengah masyarakat.

“Kami, pemerintah daerah sangat mengapresiasi dan menyambut baik. Peringatan kesyukuran, sekaligus persemian ini merupakan bentuk rasa syukur khususnya umat kaharingan. Sebab, keberadaannya juga telah resmi diakui oleh pemerintah,” ujar Wabup.

Selain itu, Andi Rudi, berpesan agar Kantor DMP MUKK-I yang baru diresmikan dapat dipergunakan, dimanfaatkan, dan dipelihara dengan sebaik-baiknya untuk kepentingan umat.

“Selamat, dan silakan pergunakan kantor baru ini. Semoga bermanfaat untuk umat sekalian,” harapnya.

Sementara, Syairi Mukhlis, sangat mengapresiasi kegiatan syukuran, dan peresmian kantor Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan tersebut.

DPRD akan terus memberikan mendukung, berkenaan dengan apa yang diinginkan umat Kaharingan selama masih dalam koridor dan aturan.

Menurutnya, DPRD Kotabaru telah membuat terobosan melalui salah satu Peraturan Daerah (Perda) yang ditetapkan perihal pembinaan terhadap adat Dayak.

“Jadi, perda ini dapat dibedah, dan dari situlah anggaran dapat mengalir,” ujar Syairi Mukhlis.

Ketua Umum Dewan Musyawarah Pusat Majelis Umat Kepercayaan Kaharingan Indonesia, Sukirman, mengucapkan terimakasih kepada pemerintah daerah dan pihak perusahaan, khususnya PT Jhonlin yang sudah membantu menyediakan wadah untuk umat Kaharingan di Kalimantan.

“Tentu kami mengucapkan terimakasih sedalam-dalamnya karena pada usiannya ke-4 tahun ini, ada pihak ketiga dengan ikhlas memberikan tempat bagi umat kaharingan di wilayah Hampang, Kotabaru Kalimantan ini,” pungkas Sukirman.

Selain Ketua Presidium majelis luhur kepercayaan Indonesia, persemian kantor baru ini juga dihadiri Ketua Dewan Adat Dayak Kotabaru, Sugianoor.

Komentar
Banner
Banner