Planetary Health Diet

[VIDEO] Planetary Health Diet Solusi Krisis Iklim

Generasi Baru Dapur Indonesia (GBDI), Indonesian Chef Association (ICA), Meatless Monday dan Burgreens mengadakan ‘Chef Sharing Session' pada Senin (4/12).

bakabar.com, JAKARTA - Generasi Baru Dapur Indonesia (GBDI) bersama Indonesian Chef Association (ICA), Perkumpulan Penyelenggara Jasa Boga Indonesia (PPJI), Meatless Monday dan Burgreens mengadakan ‘Chef Sharing Session' pada Senin (4/12).

Acara itu deselenggarakan untuk mempromosikan planetary health diet atau mengonsumsi makanan sehat dan ramah lingkungan untuk tubuh dan Bumi. Tujuan dari konsep ini adalah mentransformasi sektor kesehatan masyarakat yang saat ini hanya berfokus pada kesehatan penduduk tanpa memepertimbangkan sistem yang bersifat natural dan berkelanjutan.

Konsep pola makan yang sehat perlu jadi perhatian seiring krisis iklim yang berujung pada krisis pangan.

Saat ini, memperkenalkan konsep pangan bijak demi menghindari food wasting atau limbah makanan berlebih menjadi kesadaran bersama. Salah satuya dengan konsep diet berbasis tumbuhan atau plant-based diet sebagai pedoman dalam memadukan berbagai jenis makanan untuk mendukung pola makan yang sehat sekaligus melestarikan lingkungan.

Baca Juga: 10 Makanan Sehat untuk Anak-Anak, Dijamin Lahap Bikin Bunda Semringah

Pola makan tersebut berfokus pada konsumsi sayuran, buah, biji-bijian, kacang-kacangan dan polong-polongan sebagai porsi dominan untuk mengurangi komsumsi daging dan produk susu.

Melalui pola makan sehat, individu dan masyarakat bisa mengambil kendali atas kesehatan pribadi dan masa depan Bumi melalui food sustainability atau pangan berkelanjutan. Dengan demikian, setiap orang akan mempertimbangkan dampak jangka panjang dari pola makan mereka.

Penyelenggaraan sharing session dan cooking demo mendapat apresiasi dari peserta yang kebanyakan adalah chef dari seluruh Indonesia. Mereka mendapatkan banyak pengetahuan baru.

Para peserta berharap acara seperti ini bisa diperbanyak. Pasalnya, kegiatan sharing session dan cooking demo menjadi transfer pengetahuan yang efektif tentang sajian untuk mendukung pola makanan yang sehat.

Video Journalist: Rayhan Azkadesta
Video Editor: Iskandar Zulkarnaen
Produser: Jekson Simanjuntak

Editor
Komentar
Banner
Banner