Rekomendasi Film

Unlocked: Melihat Kengerian Peretasan Data Pribadi

Persoalan keamanan data pribadi di dunia maya tengah jadi kegelisahan di masyarakat. Tema itu diangkat dalam film Unlocked (2023).

Featured-Image
Poster film Unlocked. Foto: Netflix

bakabar.com, JAKARTA Persoalan keamanan data pribadi di dunia maya tengah jadi kegelisahan di masyarakat. Tema itu diangkat dalam film Unlocked (2023).

Film karya rumah produksi asal korea tersebut merupakan remake dari film Jepang yang berjudul Just Dropped My Smartphone. Dalam versi Jepang, film tersebut sudah menayangkan dua sekuel pada 2018 dan 2020.

Diadaptasi dari novel karya karangan Akira Shigga dengan judul Just Dropped My Smartphone, film Unlocked bercerita tentang seorang pekerja kantoran bernama Lee Na-mi (Chun Woo-hee) yang kehilangan ponselnya saat pulang bekerja.

Demi menemukan ponselnya, ia menghubungi ponsel miliknya dan didapati bahwa sesorang menjawab telepon tersebut. Pemuda bernama Jun-yeong (Im Si-wan) yang mengangkat telepon itu kemudian mengembalikan ponsel Na-mi yang dijatuh di dalam bus.

Baca Juga: Ngeri! Isi Daya Ponsel di Tempat Umum Bisa Kehilangan Data Pribadi

Namun, Na-mi tidak menyadari bahwa ponsel miliknya telah diretas. Dalam masa kemajuan teknologi, hal yang wajar ketika seseorang menyimpan seluruh data pribadi miliknya di dalam ponsel dan hal itu juga berlaku untuk Na-mi.

Jun-yeong yang telah memiliki data pribadi Na-mi kemudian menggunakan informasi itu untuk kejahatan di dunia maya.  sederet aksi penipuan dilakukannya dengan mengatasnamakan Na-mi sebagai cara menyembunyikan identitas diri.

Na-mi perlahan merasa ada kejanggalan terjadi di kehidupannya. Ia kemudian membawa persoalan itu ke kantor kepolisian. Detektif Ji Man (Kim Hee-won) yang tengah menyelasikan kasus pembunuhan misterius diperintahkan untuk membereskan masalah yang dialami Na-mi.

Film itu mendapat respon positif dari penonton karena mengangkat sebuah persoalan modern yang saat ini tengah ramai diperbincangkan.

Film Unlocked (2023) telah tayang pada 17 Februari 2023 dan dapat disaksikan secara eksklusif melalui platfom Netflix.

Editor


Komentar
Banner
Banner