Politik

TPS Unik Bertema Keberagaman di Rutan Barabai HST

apahabar.com, BARABAI – Ada hal menarik saat warga binaan melakukan pencoblosan di TPS 09 Barabai Kabupaten…

Featured-Image
KPPS di Rutan Kelas II-B Barabai mengenakan pakaian adat di Indonesia saat pencoblosan kandidat Pilkada serentak 2020, Rabu (9/12)./Foto-apahabar.com/Lazuardi

bakabar.com, BARABAI – Ada hal menarik saat warga binaan melakukan pencoblosan di TPS 09 Barabai Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST). Tepatnya di dalam Rutan Kelas II-B Barabai, Rabu (9/12).

Para warga binaan disambut KPPS dengan pemandangan yang berbeda. Petugas memakai pakaian adat nusantara.

Ada yang memakai pakaian Banjar yang khas dengan laung sasirangan dan baju cerah polos.

Ada lagi petugas yang berpakaian khas Jawa. Ada pula yang memakai pakaian khas Dayak lengkap dengan manik-manik dan bulu burung yang terrancap di atas penutup kepala khas Kalimantan, Anggang.

Karutan Barabai Kelas II-B, Syech Walid menyebutkan pada Pilkada serentak 2020 ini, pihaknya mengangkat tema keberagaman.

Disebutkan Walid, keberagaman yang dimaksud yakni, bagaimana menyikapi beragam kebudayaan dengan satu tujuan untuk demokrasi.

“Walaupun dalam pemilihan kita berbeda suara, tapi kebudayaan tetap jadi satu di sini. Saya memandangnya tidak ada perbedaan suku agama dan ras,” kata Walid saat memantau jalannya pencoblosan di Aula Rutan Barabai.

Walid merincikan, ada 280 orang warga binaan di Rutan Barabai. Empat di antaranya warga binaan perempuan.

Sementara yang memilik hak suara sebanyak 204 warga binaan.

“Enam orang tidak dapat melakukan pencoblosan. Jadi hari ini total 198 orang saja yang melakukan pencoblosan,” kata Walid.

Dijelaskan Walid, mekanisme pencoblosan di dalam Rutan mengedepankan protokol kesehatan. Secara bergantian para warga binaan dikeluarkan dari blok atau kamar tahanannya.

“Mereka bergilir dikeluarkan. Pemilih dibstasi 0er 10 orang secara bergiliran mengantri untuk menentukan pilihannya,” tutup Walid.

Pada Pilkada serentak 2020 ini, di HST ditetapkan sebanyak 184.855 DPT. Jumlah DPT ini tersebar pada 169 desa yang ada pada 11 kecamatan di HST.

Rinciannya, pemilih laki-laki berjumlah 91.878 dan pemilih perempuan sebanyak 92.977.

Sementara untuk TPS yang hanya berjumlah 634 bertambah 1 TPS di Rutan Barabai. Sehingga total TPS di HST berjumlah 635.

Untuk paslon yang masuk dalam kandidat Pilkada 2020 ini, ada 2 Paslon Pilgub Kalsel dan 5 Paslon Pilbup HST.

Kandidat Pilgub Kalsel ada pasangan Birin-Muhidin dan Deny-Defri. Untuk kandidat Pilbup HST, ada pasangan Fakih-Yazid, Tamzil-Ilham, Aulia-Mansyah, Saban-Abdillah dan Berry-Pahrijani.

img

Salah satu warga binaan menggunakan hak suaranya untuk memilih paslon Pilkada serentak 2020 di Aula Rutan Kelas II-B Barabai, Rabu (9/12)./Foto-bakabar.com/Lazuardi



Komentar
Banner
Banner