Toyota Owner Club

Toyota Owner Club Kampanyekan Go Green dan Pentingnya Lolos Uji Emisi

Toyota Owner Club mengadakan Six Communities Go Green Campaign, dalam rangka mengkampanyekan udara sehat untuk Indonesia, pada Sabtu 16 September 2023.

Featured-Image
Toyota Owner Club pada acara Six Communities Go Green Campaign, Sabtu (16/09/2023). Foto: istimewa

bakabar.com, JAKARTA - Toyota Owner Club (TOC) mengadakan kegiatan bertemakan Six Communities Go Green Campaign dalam rangka mengampanyekan udara sehat di Indonesia, Sabtu (16/9).

Dalam kegiatan ini, sebanyak 18 komunitas dari TOC melakukan uji emisi dan servis bersama di Auto2000 Dramaga Bogor, Jawa Barat.

Sementara, ada 6 komunitas yang menginisiasi kegiatan ini antara lain Toyota Sienta Community Indonesia (TOSCA), Komunitas Toyota Calya Indonesia (KTCI), TEVCI (Toyota Etios Valco Club Indonesia) TYCI (Toyota Yaris Club Indonesia) dan Velozity (Veloz Community) dan GCC (Great Corolla Club).

Penasihat Kegiatan, Ahmad Sang Toguda yang juga menjabat Ketua Umum TEVCI menerangkan bahwa sebagai pengguna kendaraan yang usianya sudah lebih dari lima tahun, pihaknya sangat mendukung kegiatan ini.

Baca Juga: Toyota Indonesia Komitmen pada Pengembangan Kendaraan Ramah Lingkungan

Hal itu, lanjut dia, karena selama ini kendaraan bermotor merupakan salah satu penyebab polusi udara.

"Oleh karena itu, pentingnya servis berkala agar menekan gas buang kendaraan," kata Ahmad melalui keterangan resminya, Sabtu.

Ia menambahkan bahwa akhir-akhir ini indeks kualitas udara di Jakarta disebut terburuk ke dua di dunia. Termasuk kendaraan member yang sudah di atas 3 tahun.

"Jadi salah satu hal yang ingin kami lakukan adalah melakukan edukasi mengenai polusi udara yang disebabkan kendaraan bermotor dengan uji emisi," imbuhnya.

Baca Juga: Toyota Buka Layanan Uji Emisi Gratis di Bengkel Resmi Wilayah Jakarta

Selain melakukan uji emisi, kopdar TOC ini juga mengadakan talkshow tentang safety driving dan eco driving bersama Sony Susmana dari Safety Defensive Consultan Indonesia (SDCI).

Selanjutnya, mereka juga melakukan kegiatan penanaman pohon produktif di lokasi acara dan diberikan ke perwakilan komunitas.

Menurut Penasihat KTCI, Sapto Laksono,
kegiatan ini berjalan luar biasa karena mengabungkan berbagai komunitas dengan latar belakang yang berbeda.

"Terima kasih kepada panita acara yang telah meluangkan waktunya dalam acara kali ini," ujarnya.

Uji emisi pada event Six Communities Go Green Campaign, Sabtu (16/09/2023) - apahabar
Uji emisi pada event Six Communities Go Green Campaign, Sabtu (16/09/2023). Foto: TOC

Sementara menurut Kepala Cabang Auto 2000 Dramaga, Aloysius Socrates, pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan gabungan berbagai komunitas dalam uji emisi dan servis.

"Kendaraan yang lulus uji emisi pasti dirawat dan diservis secara berkala di bengkel bengkel resmi Toyota yang terjamin part dan keahlian dari petugasnya," terangnya.

Baca Juga: Toyota Tawarkan Program After Sales T-Care, Berikut Benefitnya

Dalam kegiatan ini, mereka juga diedukasi terkait batas ambang normal gas buang dan faktor penyebab serta solusinya.

Faul Brian, Supervisor Service Auto2000 Dramaga Bogor menjelaskan nilai ambang batas (NAB) karbonmonoksida adalah 25 ppm.

"Jika lebih dapat menyebabkan gangguan kesehatan pada manusia. Adapun Penyebab utamanya adalah filter udara yang kotor," terangnya.

Seharusnya, lanjut dia, hasil gas buang menghasilkan CO2 yang tinggi, namun tergantikan menjadi gas CO yang berbahaya bagi tubuh manusi

"Solusinya adalah service rutin dapat mencegah terciptanya gas buang CO yg berbahaya" tegas Faul.

Baca Juga: Kenalkan Logo Baru, KTCI Gelar Bakti Sosial di Kota Besar

Dalam kesempatan ini, Herry Dharma Area Business Manager Bogor sekaligus Kepala Cabang Auto2000 Cibinong berharap agar kolaborasi terus berlanjut dan bekerjasama dalam suatu kegiatan lain.

"Ini untuk memberi pengaruh positif bagi pengguna mobil Toyota secara umum bahwa Auto2000 adalah one stop solution seperti service, trade in, spare part, selling dll," tukasnya.

Adapun acara ini terlaksana atas dukungan para sponsor antara lain Auto2000, GT Radial, Garda oto, 3M Kaca Film, TAF dan ACC.

Editor
Komentar
Banner
Banner