Uji Emisi Kendaraan

Toyota Buka Layanan Uji Emisi Gratis di Bengkel Resmi Wilayah Jakarta

PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengadakan program uji emisi gratis di jaringan bengkel resmi Toyota dan Lexus yang berada di wilayah DKI Jakarta.

Featured-Image
Salah satu mobil Toyota yang sedang dilakukan uji emisi. (Foto: apahabar.com/Mae Manah)

bakabar.com, JAKARTA - PT Toyota Astra Motor (TAM) mengadakan program uji emisi gratis di jaringan bengkel resmi Toyota dan Lexus yang berada di wilayah DKI Jakarta, mulai 4 September–31 Desember 2023.

Program uji emisi gratis ini dikhususkan bagi mobil Toyota yang telah berusia di atas 3 tahun, sesuai dengan regulasi yang berlaku.

"Langkah ini ditujukan untuk mendukung program pemerintah terkait pengendalian level emisi gas buang kendaraan di Ibu Kota sesuai regulasi yang berlaku," kata Vice President Director TAM, Henry Tanoto dalam keterangan resminya, Senin (4/9).

Uji emisi merupakan pengukuran gas buang kendaraan bermotor untuk mendeteksi kinerja mesin untuk mengetahui ambang batas normal kadar gas buang kendaraan.

Baca Juga: Toyota Tawarkan Program After Sales T-Care, Berikut Benefitnya

Pada mesin bensin pengujian difokuskan untuk melihat kadar air, udara, dan gas yang akan meningkat akibat pembakaran mesin yang kurang sempurna.

Sedangkan untuk mesin diesel, uji emisi difokuskan pada tingkat kepekatan (opasitas) gas buang yang dihasilkan.

Semakin pekat, artinya ada masalah dengan sistem pembakaran mesin. Selain itu, pemeriksaan pada komponen kendaraan yang terkait dengan produksi emisi.

Mulai dari filter udara, busi, dan kesesuaian penggunaan bahan bakar dengan anjuran juga dilakukan demi menjaga kadar emisi tetap berada di level yang aman.

Baca Juga: Toyota Sukses Raih 5.796 SPK di GIIAS 2023, Avanza-Veloz Paling Banyak

Uji emisi ini juga sebagai pelaksanaan Peraturan Gubernur (Pergub) DKI Jakarta No. 66 Tahun 2020 Tentang Uji Emisi Gas Buang Kendaraan Bermotor.

Dalam uji emisi di bengkel resmi Toyota dan Lexus, dilakukan menggunakan alat khusus bernama Gas Analizer yang sudah tersertifikasi serta dilakukan oleh teknisi yang juga sudah tersertifikasi Pemprov DKI Jakarta.

Menurut Marketing Director TAM, Anton Jimmi Suwandy, saat ini, munculnya kebutuhan pelanggan yang usia mobilnya lebih dari 3 tahun untuk mendapatkan fasilitas program uji emisi, dilakukan demi berkontribusi menghadirkan udara Jakarta yang lebih bersih dan sehat.

"Kami membebaskan biaya uji emisi mobil Toyota dan Lexus berusia di atas 3 tahun yang dapat dilakukan di semua bengkel resmi Toyota dan Lexus di area DKI Jakarta, kata Anton.

"Untuk Lexus bisa langsung mendatangi ketiga Lexus Gallery & Service Center kami yang ada di daerah Menteng, Pluit, dan Mampang Jakarta,” tutup Anton.

Editor
Komentar
Banner
Banner