Kontes Robot Sedunia

Top! Tim ITS Pertahankan Juara Dunia Kontes Robot Kelima Kalinya

Tim Barunastra ITS berhasil pertahankan gelar juara 1 pada kompetisi roboboat. Tim ini berhasil kalahkan kampus dunia, MIT.

Featured-Image
Roboboat karya Tim BARUNASTRA ITS juara dunia (Foto Dok ITS)

bakabar.com, SURABAYA - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kembali cetak prestasi internasional. Kali ini, tim pengembangan roboboat yang bernama Barunastra berhasil pertahankan gelar juara 1 untuk kali ke-5 pada ajang International Roboboat Competition 2023 (IRC) 2023. Bahkan, ITS juga ungguli kampus dunia dalam kompetisi tersebut.

Kompetisi itu diadakan pada 22-28 Maret 2023 Sarasota, Florida, Amerika Serikat. Tim Barunastra membawa kapal terbaru bernama Nala Proteus. 

Berkat hasil karya itu, tim Barunastra ITS berhasil meraih dua penghargaan sekaligus. Yakni Juara 1 Grand Champion dan Juara 2 Design Documentation International Roboboat Competition 2023. 

General Manager Barunastra ITS 2023 Fariz Rayyan Januar menjelaskan kompetisi tersebut. Menurut dia, ada dua kategori pada perlombaan kali ini. 

Baca Juga: ITS Loloskan 1.331 Calon Mahasiswa dari SNBP, Teknik Informatika Masih Jadi Favorit

Pertama adalah kategori autonomous dari roboboat yang dibuat. Yaitu melombakan seberapa cakap kapal yang dibuat dalam bergerak secara otomatis.

Kedua adalah kategori design documentation. Pada kategori design documentation, terdapat beberapa tahapan yang harus dilalui.

"Ada design report, team video, dan presentasi secara offline di hadapan para juri setempat," kata mahasiswa yang akrab disapa Rayyan itu pada rilis yang diterima Rabu (29/3).

Menurut Rayyan, para peserta diminta untuk untuk menjelaskan berbagai hal mengenai roboboat saat presentasi offline. Mulai dari strategi dalam menyelesaikan, desain yang digunakan, cara pembuatan, serta cara kerja kapal.

Baca Juga: Hyundai Perkenalkan Robot Pengisian Daya Otomatis untuk Mobil Listrik

Berkat kerja keras tersebut, tim Barunastra ITS pun berhasil ungguli 24 tim lainnya dari berbagai negara di dunia. Termasuk Massachusetts Institute of Technology (MIT) dari Amerika Serikat.

Rayyan berharap, Tim Barunastra ITS dapat mencoba kompetisi dengan tingkat lebih tinggi lagi ke depan. Salah satunya mengikuti RobotX Competition.

"Kompetisi ini melombakan kapal dengan skala yang lebih besar serta teknologi yang lebih canggih,” ujar Rayyan.

Untuk diketahui, tim Barunastra ITS merupakan tim pengembangan roboboat yang berfokus pada pengembangan kapal tanpa awak untuk mendorong kemajuan teknologi maritim dunia. Barunastra ITS juga memiliki kampanye “Save Our Ocean” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran dan memberikan edukasi akan pentingnya ekosistem laut.

Editor
Komentar
Banner
Banner