Tak Berkategori

Terpapar Covid-19, WNA Selandia Baru di Lapas Balikpapan Meninggal

apahabar.com, BALIKPAPAN – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Selandia Baru yang merupakan warga binaan Lapas…

Featured-Image
Ilustrasi – Perawat saat merawat warga binaan Lapas Balikpapan. Foto: Istimewa

bakabar.com, BALIKPAPAN – Seorang Warga Negara Asing (WNA) asal Selandia Baru yang merupakan warga binaan Lapas Kelas IIA Balikpapan meninggal dunia pada Senin (2/8) sekira pukul 07.15 Wita.

WNA bernama Gregory John Harland White (58) meninggal dalam kondisi terpapar Covid-19.

Diketahui memang kondisi Greg mengalami sakit sejak pindah dari Rutan Balikpapan. Ia pun rutin memeriksakan diri ke Klinik Lapas Balikpapan dan sempat dirujuk ke RSUD Beriman Balikpapan karena penyakit asma kronis.

“WNA atas nama Greg itu memang dia kami terima dari Rutan dalam kondisi sudah sering dibawa ke rumah sakit dan adapun meninggalnya pagi-pagi setelah dibawa ke klinik, dilakukan tes oleh dokter kami, hasilnya positif Covid-19,” kata Kasi Administrasi Keamanan dan Ketertiban Lapas Balikpapan, Timbul Aliansyah Panjaitan saat dihubungi pada Rabu (4/8).

Lantaran dinyatakan positif Covid-19, pihak Lapas memakamkan Greg sesuai prosedur Covid-19. Meski begitu saat ini pihaknya juga tengah menunggu kabar dari Kedutaan Besar Selandia Baru mengenai tindak selanjutnya terutama mengabarkan pada keluarganya.

“Ketika dia masuk sudah ada Bu Erika itu perwakilan untuk hubungan Lapas dengan Dubes, sudah dihubungi, dia bilang masih konsultasi dan menghubungi keluarga Greg. Sampai sekarang belum ada kabar,” ungkapnya.

Sementara untuk penyebab Greg terpapar, Aliansyah tidak bisa memastikan apakah mendiang terpapar dari sesama warga binaan atau dari petugas Lapas. Sebab, beberapa petugas yang dinyatakan positif Covid-19 langsung diarahkan untuk isolasi mandiri.

“Sebab dari awal Covid-19 kami meniadakan kunjungan. Tapi kita tetap melakukan tracing untuk pencegahan,” tuturnya.

Diketahui Greg terjerat kasus narkotika dengan vonis hukuman pidana selama 8 tahun. Setelah menjalani masa kurungan di Rutan, ia pun dipindah ke Lapas Balikpapan. Selama di dalam Lapas Balikpapan, Greg cukup rutin memeriksakan diri ke Klinik.



Komentar
Banner
Banner