Tak Berkategori

Terjual Rp21 Miliar, Sepatu Basket Michael Jordan Tembus Rekor Lelang

apahabar.com, JAKARTA – Sepasang sepatu yang dipakai legenda bola basket Michael Jordan di awal karier, berhasil…

Featured-Image
Sepatu Nike Air Ship yang dikenakan Michael Jordan di awal karir basket profesional, terjual seharga Rp21 miliar. Foto: Twitter

bakabar.com, JAKARTA – Sepasang sepatu yang dipakai legenda bola basket Michael Jordan di awal karier, berhasil dilelang dengan harga fantastis.

Sepatu Nike Air Ship itu terjual hampir 1,5 juta dolar AS atau sekitar Rp21,28 miliar, Senin (25/10).

Seperti dilansir Antara, harga itu merupakan rekor lelang sebuah sepatu yang pernah dicatatkan rumah lelang Sotheby's.

Air Ship yang baru laku itu, mengalahkan rekor sepasang Nike Air Jordan yang terjual seharga 615.000 dolar AS atau sekitar Rp8,7 miliar di rumah lelang Christie di pertengahan Agustus 2020.

“Sneaker paling berharga yang pernah ditawarkan di pelelangan, baru saja terjual seharga 1.472.000 dolar AS dalam penjualan mewah kami di Las Vegas,” jelas Sotheby's melalui akun Twitter resmi.

Selain dikenakan Michael Jordan dalam pertandingan kelima bersama Chicago Bulls di musim 1984/1985, Air Ship merupakan sepatu pertama sebelum Nike mengeluarkan seri Air Jordans.

Air Ship yang menjadi cikal bakal Air Jordan, didesain Peter Moore. Michael Jordan memakai model Air Ship di musim 1984 dan 1985, serta versi modifikasi di musim 1986.

Meski sudah 18 tahun pensiun sebagai pebasket profesional, kepopuleran Michael Jordan masih terasa sampai sekarang.

Makanya sepasang sepatu Air Jordan 1 yang dilengkapi tanda tangan Michael Jordan, juga telah berhasil dilelang Sothebys seharga 560 ribu dolar atau sekitar Rp7,9 miliar.

Selain sepasang sepatu, celana dalam Michael Jordan pernah laku dilelang oleh situs lelang Leland. Barang pribadi ini laku seharga 3.341 dolar atau setara Rp47 juta.

Celana dalam itu merupakan koleksi John Michael Wozniak, pengawal pribadi Michael Jordan. Sosol John Michael sempat muncul di film dokumenter 'The Last Dance' dan menjadi viral di media sosial.

Namun demikian, Rp21,28 miliar bukan rekor tertinggi dalam pelelangan sepatu. Sepasang sepatu Nike Air Yeezy 1 yang dikenakan rapper Kanye West, terjual lebih mahal.

Sepatu itu laku seharga 1,8 juta dolar AS atau sekitar Rp25,5 miliar dalam lelang di awal April 2021. Namun demikian, penjualan ini dilakukan secara pribadi.



Komentar
Banner
Banner