Bus Sekolah

Tekan Kecelakaan Pelajar, Wabup Rendi Solihin Dukung Adanya Bus Sekolah di Kukar

emerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) ke depan akan fokus pada program pengadaan bus sekolah.

Featured-Image
Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin saat berdialog dengan masyarakat.Foto: Diskominfo Kukar

bakabar.com, TENGGARONG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan (Dishub) ke depan akan fokus pada program pengadaan bus sekolah.

Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin mendukung penuh program ini, karena mempertimbangkan geografis wilayah Kukar. Apalagi fokus pemerintah saat ini ialah infrastruktur konektivitas.

Untuk itu, angkutan pelajar akan sangat diperlukan untuk menjadi moda transportasi aman, utamanya untuk para murid-murid yang bersekolah.

"Tentunya Pemkab Kukar sangat mendukung program bus ini. Karena, banyak anak-anak kita yang membutuhkan moda transportasi. Saya yakin ini akan sangat membantu dan meminimalisir rawannya angka kecelakaan yang membayangi pelajar," kata Rendi Solihin.

Baca Juga: Wabup Rendi Solihin Terima 2 Penghargaan untuk Kukar di Rakornas P2DD 2023

Sementara itu, Kadishub Kukar Ahmad Junaidi mengatakan bus sekolah ini sangat diperlukan masyarakat. Banyak masyarakat yang berdialog dengan Bupati maupun Wakil Bupati meminta adanya angkutan pelajar.

Untuk itu, Pemkab Kukar telah melakukan uji coba angkutan pelajar ini di Kelurahan Loa Tebu, Kecamatan Tenggarong, yang kemudian akan dikembangkan lebih luas lagi.

“Kita uji coba dahulu. Dan kami diminta untuk coba lakukan pendataan dulu. Seperti kecamatan-kecamatan mana yang memang membutuhkan (bus sekolah). Kemudian datanya siapa yang perlu diangkut,” ujar Junaidi.

Kukar Mitra Pembangunan IKN-bakabar.com
Kukar Mitra Pembangunan IKN.Foto: Diskominfo Kukar.

Di APBD-P tahun 2023 ini, Pemkab Kukar melakukan pengadaan untuk enam bus sekolah. Untuk target penerima bus sekolah itu, masih dalam pendataan.

Tipe angkutan pelajar ini merupakan bus dengan 30 kursi dan 19 kursi. Saat ini, bus tersebut masih dalam pabrikasi. Kemungkinan bus ini akan diserahkan di bulan Desember dan beroperasi di tahun 2024. Untuk mengangkut pelajar dari tingkat SD,SMP hingga SMA.

“Jadi di tahun ini sudah ada satu unit kami anggarkan di murni kemarin, yakni di Loa Tebu. Di perubahan kami adakan enam unit,” jelasnya.

Baca Juga: Dorong Cuan UMKM, Disperindag Kukar Minta Pelaku Usaha Pakai E-Katalog

Terkait pengelolaan bus sekolah, Junaidi menyebut untuk saat ini diserahkan ke pemerintah kelurahan dan desa penerima bantuan.

Dia juga berharap penerima bantuan dapat menciptakan swakelola, terlebih untuk pengadaan bus ini. Tujuannya agar pelajar yang belum layak berkendara memiliki moda transportasi.

“Banyak kejadian kecelakaan yang terjadi di kalangan pelajar. Dan Insya Allah di tahun 2024 nanti mengikuti arahan kepala daerah akan kita adakan lagi. Kita akan atur konsep dan perkembangannya sesuai dengan keperluan masyarakat,” tutup Junaidi.(ADV/Diskominfo Kukar)

Editor


Komentar
Banner
Banner