Piala Dunia 2022

Taklukan 2-1 Portugal, Korea Selatan Temani Selecao ke Babak 16 Besar

Korea Selatan berhasil meraih kemenangan di laga terakhir melawan Portugal sekaligus meraih satu tiket ke babak 16 besar Piala Dunia 2022

Featured-Image
Korea Selatan mengalahkan Portugal 2-1 (Foto: Twitter @fifaworldcup)

bakabar.com, JAKARTA – Menjalani laga terakhir di fase Grup H Piala Dunia 2022, Tim Nasional Korea Selatan berhasil mengalahkan Portugal dengan skor 2-1 sekaligus meraih satu tiket ke babak 16 besar.

Bermain di Education City Stadium, sempat tertinggal lewat gol cepat Portugal di babak pertama. Pasukan Sergio Costa akhirnya menutup laga dengan kemenangan atas Selecao.

Hasil ini membuat Korea Selatan naik keurutan kedua klasemen dan berhasil meraih satu tiket ke babak 16 besar, menemani Portugal yang menjadi juara di Grup H.

Jalannya Pertandingan

Lima menit selang kick off babak pertama dimulai, Portugal berhasil menggetarkan gawang Kim Seung-gyu melalui Ricardo Horta.

Baca Juga: Serbia vs Swiss, Laga Sarat Emosional Bernuansa Politis

Berawal dari pergerakan Diogo Dalot yang berlari dari sisi kanan pertahanan Korea Selatan, pemain Manchester United itu melepaskan umpan ke kotak penalti yang berhasil dituntaskan oleh Horta.

Unggul 1-0 membuat Selecao semakin mendominansi jalannya pertandingnya. Portugal hampir mengandankan keunggulannya andai umpan silang Cancelo tak berhasil dipotong oleh kiper Kim Seung-gyu.

Pasukan Sergio Costa hampir menyamakan kedudukan di menit ke-17 lewat Kim Jin-su. Namun wasit menganulir golnya lantaran sudah lebih dulu berada di posisi offside.

Sepuluh menit berselang Korea akhirnya berhasil menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat sepakan jarak dekat Kim Young-gwon yang memanfaatkan kemelut di depan gawang Diogo Costa.

Baca Juga: Sejarah! Frappart Wasit Wanita Pertama Pimpin Laga Piala Dunia

Kapten Portugal, Cristiano Ronaldo hampir mencacatkan namanya di papan skor andai kiper Korea tak berhasil menghalau sepakan Ronaldo.

Hingga waktu 45 menit pertama berakhir, skor imbang 1-1 menutup jalannya pertandingan di babak pertama.

Babak Kedua

Selepas jeda turun minum, kedua tim langsung tancap gas saling memberikan ancaman untuk meraih kemenangan di laga ini.

Mengincar kemenangan pertamanya di Piala Dunia 2022, Son Heung-min cs terus memberikan ancaman bagi pasukan Fernando Santos.

Son Heung-min mencoba peruntungannya untuk menjebloskan bola ke gawang Portugal, namun sepakannya di menit ke-56 masih mampu diblok oleh Antonio Silva dan hanya menghasil sepak pojok untuk Negeri Gingseng itu.

Baca Juga: Cristiano Ronaldo Punya Andil di Skandal Keuangan Juventus?

Portugal yang juga mengincar kemenangan sempurna di laga terakhir Grup H mencoba menebar ancaman ke gawang Kim Seung-gyu.

Namun, solidnya lini pertahanan Korea masih belum mampu ditembus oleh pasukan Fernando Santos untuk mencetak gol tambahan.

Korea Selatan secara beruntun mengancam gawang Diogo Costa. Namun serang Son Heung-min cs masih berhasil ditepis oleh kiper.

Korea Selatan akhirnya berhasil membalikan keadaan menjadi 2-1 di masa injury time usai Hwang Hee-chan yang masuk sebagai pemain pengganti mampu menjebol gawang Diogo Costa.

Memanfaatkan skema serangan balik, Son Heung-min berlari dari tengah lapangan yang kemudian melepaskan umpan ke Hwang Hee-chan dan berhasil disempurnakan menjadi gol kemenangan untuk Korea Selatan.

Hingga wasit meniup peluit babak kedua usai, skor 2-1 untuk kemenangan Korea Selatan menutup jalannya pertandingan atas Portugal.

Editor


Komentar
Banner
Banner