Tak Berkategori

Tak Pakai Helm, Ratusan Pengendara di Tabalong Ditegur Pakai Speaker

apahabar.com, TANJUNG – Para pengendara roda 2 maupun 4 harus mengenakan perlengkapan berkendara saat berada di…

Featured-Image
Kepala Dishub Tabalong, Tumbur P Manalu, mengawasi pengendara yang berhenti di persimpangan Samsat lama. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG – Para pengendara roda 2 maupun 4 harus mengenakan perlengkapan berkendara saat berada di kota Tanjung, Tabalong.

Jika tidak mengenakan perlengkapan berkendara, jangan kaget bila ditegur melalui speaker atau pengeras suara di sejumlah titik di persimpangan di Kota Tanjung.

Para pengendara maupun pengemudi terus dipantau lewat sejumlah kamera di Area Traffic Control System (ATCS) yang dipasang di delapan persimpangan.

“Delapan titik itu di simpang Expo Center, Tugu Obor, simpang Samsat lama, simpang empat Mapolres Tabalong, simpang empat Belimbing, simpang empat Sulingan dan persimpangan Selongan,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Tabalong, Tumbur P Manalu, Senin (30/8).

Tumbur bilang, sejak dioperasikannya kamera ATCS tersebut sudah lebih seratus pengendara ditegur melalui pengeras suara.

Pelanggar paling banyak di simpang empat Samsat lama dan paling sedikit di simpang empat Sulingan.

“Untuk pelanggar pengendara roda 2 paling banyak karena tidak memakai helm, sedangkan pengemudi roda 4 karena masuk ke dalam boks kendaraan roda dua,” jelas Tumbur.

Menurut Tumbur, saat ini pihaknya hanya memberikan teguran dan imbauan karena sebelumnya sudah disosialisasikan sistem ATCS ini ke masyarakat.

“Sistem ATCS ini ke depannya akan lebih kepenertiban kendaraan bermotor untuk lebih mematuhi aturan-aturan lalu lintas apabila berada di persimpangan-persimpangan jalan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner