Pemkab Tabalong

Tahun Ini, Kampung Hortikultura di Tabalong Bakal Bertambah

Pada tahun 2023 ini kawasan pengembangan kampung hortikultura di Kabupaten Tabalong akan ada penambahan.

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani saat mencanangkan kampung hortikultura pada 2022 lalu. Foto - Dokumentasi apahabar.com

bakabar.com, TANJUNG - Pada tahun 2023 ini, kawasan pengembangan kampung hortikultura di Kabupaten Tabalong akan ada penambahan.

Penambahan kawasan pengembangan kampung hortikultura itu berada di Desa Hayup, Desa Wirang, Desa Bongkang, Desa Saradang, dan Desa Nawin, semuanya di wilayah Kecamatan Haruai.

Pengembangan kampung hortikultura tersebut telah disosialisasikan Dinas Ketahanan Pangan, Perikanan, Tanaman Pangan, dan Hortikultura (DKPPTPH) Kabupaten Tabalong kepada para kepala desa yang masuk sebagai kampung hortikultura.

Sekretaris DKPPTPH Kabupaten Tabalong, Suparman, mengatakan, untuk pengembangan kampung hortikultura pihaknya akan memberikan berbagai bantuan seperti bibit tanaman hortikultura, pupuk, alsintan, dan peralatan lainnya.

"Penyerahan bantuan tersebut sampai saat ini belum bisa disalurkan karena DKPPTPH Tabalong masih menunggu pendataan Calon Petani Calon- Lokasi (CPCL) dari penyuluh pertanian," jelasnya baru-baru tadi.

"Jika CPCL sudah masuk ke kita, sesegeranya bantuan tersebut distribusikan. Semoga paling lambat di pertengahan tahun ini," imbuh Suparman.

Kata Suparman, selain memberikan bantuan pihaknya juga melakukan pembinaan kepada para petani dengan  pendampingan sampai pelaksanaan kampung hortikultura dapat berhasil. 

"Semoga dengan adanya keberadaan kampung hortikultura di Tabalong dapat memperkuat ketahanan pangan dan Tabalong dapat menjadi penyokong Pangan IKN dan mendukung Desa Saradang sebagai kawasan industri," bebernya.

Selain itu, lanjut Suparman, keberadaan kampung hortikultura diharapkan dapat mendukung pasar agribisnis yang ada di Desa Kembang Kuning, dengan menjual produk pertanian yang dihasilkan para petani ke pasar agribisnis.

"Dengan demikian pasar agribisnis di Kembang Kuning dapat berjalan maksimal," pungkasnya.

Sekadar diketahui, pada tahun 2022 lalu Pemkab Tabalong telah Desa Masingai 1 dan Masingai 2 Kecamatan Upau, Desa Kembang Kuning, Desa Catur Karya dan Desa Lok Batu Kecamatan Haruai sebagai kampung hortikultura.

Editor


Komentar
Banner
Banner