Biaya Kepemilikan Mobil

Suzuki Ungkap Biaya Kepemilikan Grand Vitara, Cuma Rp21 Ribu per Hari

Semakin tingginya permintaan pasar otomotif nasional pada SUV mendorong pabrikan seperti Suzuki menghadirkan Grand Vitara.

Featured-Image
Suzuki melakukan serah terima perdana Grand Vitara kepada 26 konsumen. Foto: apahabar.com/DF

bakabar.com, JAKARTA - Semakin tingginya permintaan pasar otomotif nasional pada SUV (Sport Utility Vehicle) mendorong pabrikan untuk berlomba-lomba menghadirkan jenis mobil multi-fungsi tersebut.

Salah satu Agen Pemegang Merek (APM) yang memiliki SUV adalah PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) dengan model legendarisnya, yakni Grand Vitara.

Grand Vitara menorehkan peningkatan penjualan sebsar 8 persen pada November 2023 lalu.

Randy R. Murdoko, Asst. to Dept Head of 4W Sales PT SIS menjelaskan bahwa mobil jenis SUV hybrid saat ini menerima perhatian khusus di kalangan masyarakat Indonesia. 

"Kami yakin langkah untuk menghadirkan SUV yang ramah lingkungan dengan harga kompetitif merupakan keputusan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan pasar Indonesia," kata Randy dalam siaran persnya, Sabtu (30/12).

Baca Juga: 3 Pilihan Mobil Suzuki yang Cocok untuk Perempuan, Intip Keunggulannya

Saat ini, menurut Randy, kategori SUV menjadi kontributor terbesar dalam penjualan Suzuki secara keseluruhan yaitu sebesar 58 persen.

"Grand Vitara telah lama berada di pasar Indonesia, dan kami akan terus menghadirkan ubahan yang menambah nilai SUV hybrid legendaris ini," ujarnya.

"Tentu selain menawarkan fitur-fitur canggih, salah satu keunggulan Grand Vitara yaitu menawarkan biaya yang kompetitif baik dari biaya awal pembelian hingga biaya kepemilikan," sambungnya.

Biaya kepemilikan Grand Vitara juga dapat dikategorikan ekonomis, yaitu sebesar Rp21.452 per hari untuk tipe GL dan Rp22.545 per hari untuk tipe GX.

Biaya Perawatan Berkala

Saat ini, Suzuki menyediakan layanan gratis biaya jasa service berkala hingga jarak tempuh 50.000 km.

Biaya jasa service baru akan muncul ketika mobil sudah mencapai 60.000 km hingga 100.000 km dan seterusnya.

Baca Juga: Penjualan Suku Cadang Suzuki secara Online Naik 79 Persen, Motor Juara

Adapun besaran biaya yang akan dikeluarkan hingga kendaraan menempuh 100.000 km atau 5 tahun berkisar Rp10.589.750 atau jika dihitung per harinya adalah sebesar Rp5.803.

Perawatan tersebut meliputi penggantian fast moving parts dan produk oli Ecstar kendaraan.

Namun biaya tersebut belum termasuk untuk penggantian suku cadang atas permintaan atau kebutuhan konsumen berdasarkan pemakaian kendaraan.

Biaya Pajak

Meski berbasiskan mobil yang sama, pada tipe GL dan GX memiliki perbedaan biaya Pajak Kendaraan Bermotor (PKB).

Untuk Grand Vitara tipe GL dikenakan biaya sebesar Rp5.712.000 per tahun atau sebesar Rp15.649 per hari.

Baca Juga: Suzuki Swift Terbaru Dijual Gak Sampai Rp200 Juta, Mesinnya Mirip LCGC

Sedangkan kisaran biaya yang dikeluarkan untuk Grand Vitara tipe GX adalah sebesar Rp6.111.000 per tahun atau per harinya Rp16.742.

Sebagai mobil SUV perkotaan masa kini, Grand Vitara dibekali mesin 1.500cc berkode K15C Dual Jet yang dipadukan teknologi Smart Hybrid Vehicle by Suzuki (SHVS).

Selain dapat membantu mengurangi emisi gas buang, teknologi ini juga dapat mengurangi penggunaan bahan bakar.

Editor
Komentar
Banner
Banner