Tak Berkategori

Support Pembangunan Lapas Kelas III Batulicin, Dewan Tanbu Berharap Cepat Dioperasikan

apahabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu memberikan support terhadap pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III…

Featured-Image
DPRD Tanah Bumbu saat menerima Kanwil Kemenkumham Kalsel. Foto-DPRD Tanbu. Foto-Istimewa.

bakabar.com, BATULICIN – DPRD Kabupaten Tanah Bumbu memberikan support terhadap pembangunan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas III Batulicin.

Support yang diberikan dengan memberikan bantuan sarana dan prasarana penunjang guna percepatan penyelesainya.

“Support tersebut sebagai bentuk dukungan pemerintah daerah, ekskutif dan legeslatif,” ungkap Ketua DPRD Tanah Bumbu, H Supiansyah, saat menerima kunjungan Kanwil Kemenkumham Kalsel, Kamis (13/1).

H Upi panggilan akrabnya mengatakan pihaknya sudah memberikan anggaran untuk pembangunan dua bilik serta pengadaan lampu.

“Kami telah memberikan anggaran untuk pembangunan dua bilik sebesar Rp 6 miliar, pengadaan lampu sebesar Rp 2,5 miliar, dan tinggal perbaikan jalan masuk yang saat ini masih dalam proses untuk pengerjaannya,” ujarnya.

H Upi sangat berharap Lapas Kelas III Batulicin bisa segera dioperasikan pada tahun ini, mengingat penghuni warga binaan di Lapas Kotabaru over kapasitasnya.

“Ini bukan hanya harapan kami dari pemerintah daerah saja, namun juga harapan masyarakat Tanah Bumbu yang menginginkan agar Lapas Kelas III Batulicin ini dapat segera dioperasikan,” tuturnya.

Sementara itu, Plt Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel, Heni Susila Wardoyo, juga berharap Lapas Kelas III Batulicin dapat segera dioperasikan.

“Mendengarkan harapan Pemkab dan masyarakat Tanah Bumbu, kami jajaran Kementerian Hukum dan HAM juga demikian,” ujarnya.

Heni Susila Wardoyo menyebur saat ini memang beban pemerintah itu berat, karena over kapasitas di lembaga pemasyarakatan itu terjadi di mana-mana. Bahkan sampai 600 persen, khususnya di Kalimantan Selatan.

“Kalimantan Selatan ini termasuk zona over kapasitas tertinggi di Indonesia, oleh karenanya tadi dengan pemda telah mendorong memfasilitasi pembangunan Lapas Batulicin, itu menjadi satu solusi atas permasalahan yang kami hadapi,” ucapnya.

“Dan ini juga adalah sebuah sinergisitas yang luar biasa antara pemerintah daerah dan khususnya kepada kami yang ada di jajaran Kantor wilayah Kementerian Hukum dan HAM Kalimantan Selatan,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner