piala FA

Sikat Man United 2-1, Man City Juara Piala FA!

Manchester City berhasil menjadi kampiun Piala FA usai mengalahkan rival sekota Manchester United pada partai final yang berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu.

Featured-Image
Manchester City menjadi juara Piala FA usai menang 2-1 dari Man United. (Foto: dok. mancity)

bakabar.com, JAKARTA - Manchester City berhasil menjadi kampiun Piala FA usai mengalahkan rival sekota Manchester United pada partai final yang berlangsung di Wembley Stadium, Sabtu (3/6) malam WIB.

City menang dengan skor tipis 2-1. Dua gol The Citizen dikemas oleh Ilkay Gundongan masing-masing dimenit ke-1 dan menit 51.

Sedangkan satu-satunya gol United diciptakan oleh sang kapten Bruno Fernandes pada menit 33 melalui titik putih. 

Hasil ini sekaligus menegaskan dominasi City di Britania Raya dengan sukses menjadi juara sekaligus merengkuh gelar Piala FA. Trofi yang diterima City menjadi koleksi ke-7 sepanjang perjalanan mengikuti gelara Piala FA. 

Baca Juga: Panas! City dan United Saling Tebar Ancaman Jelang Final Piala FA

Keberhasilan ini juga membuat The Citizen menjaga asa menciptakan treble winner ditahun ini.

Sebab tanggal 11 Juni mendatang, skuad asuhan Pep Guardiola akan memainkan laga final UEFA Champions League menghadapi Inter Milan.

Jalannya pertandingan

Manchester City berhasil mencetak gol cepat. Belum semenit pertandingan berjalan, tendangan setengah voli Ilkay Gundongan mampu merobek jala gawang David de Gea.

Diawali kesalahan Victor Lindelof dalam melakukan halauan, bola justru mengarah kepada Gundongan. De Gea pun terlihat mati langkah dan tidak dapat menghalau kerasanya sepakan Gundongan. Usai gol ini, tempo pertandingan berjalan cepat.

Manchester City hampir menambah keunggulan pada menit ke-4. Memanfaatkan situasi tendangan bebas, sundulan Rodri berada tipis di sebelah kiri gawang United.

Baca Juga: Final Piala FA Jadi Ajang Pembalasan Fernandes Terhadap Ten Hag

Dua menit berselang CIty kembali mengancam. Kali ini giliran Jack Grealish yang melakukan tembakan. Tetapi masih menyamping di sisi kanan gawang De Gea.

Dari mata kamera, nampak hadir pula pada laga ini legenda Manchester United David Beckham serta pelatih tersukses United, Sir Alex Ferguson.

Menit 24 United sempat memberi ancaman lewat sundulan dari Marcus Rashford. Sayang sundulannya masih lemah dan belum mengarah ke gawang.

City kembali mengancam di menit 27. Namun Sepakan keras Kevin De Bruyne belum menemui sasaran.

Baca Juga: Manchester United Tanpa Anthony Martial di Final Piala FA

Menit 28 wasit mengecek VAR kemudian memutuskan penalti untuk United. Tangan Grealish dianggap wasit menyentuh bola di dalam kotak 16.

Bruno Fernandes yang menjadi eksekutor pun tidak menyia-nyiakan peluang ini untuk menyamakan skor menjadi 1-1 pada memasuki menit ke-33.

Varane sempat memiliki peluang di menit 42 setelah menerima bola pantulan dari momentum sepak pojok. Namun sambarannya belum tepat sasaran. Hingga jeda turun minum, skor bertahan imbang 1-1.

Memasuki babak kedua, lagi-lagi United harus menelan pil pahit lantaran gol cepat yang diciptakan City melalui sepakan kaki kiri Gundongan.

Kecerdikan De Bruyne melihat posisi Gundongan yang tanpa pengawalan sehingga gol kedua untuk City tercipta.

Baca Juga: Mimpi Haaland di City: Tiga Gelar Dalam Satu Musim!

De Bruyne kembali memiliki peluang untuk menambah gol City di menit 59. Akan tetapi sepakan kaki kirinya masih mampu dibendung De Gea.

Menit ke-61 Erik Ten Hag memasukan Alejandro Garnacho untuk menggantikan Christian Eriksen. Harapannya tentu untuk menambah daya gedor dari Setan Merah.

Pada menit 68, Rashford menebar ancaman dengan tembakan kerasnya yang masih berada tipis di atas mistar gawang City.

Gundongan hampir saja mencetak hattrick andai golnya dimenit 71 tidak dianulir wasit karena sudah berada dalam posisi offside.

Kemudian United juga hampir menyamakan skor dimenit 72 lewat aksi Garnacho. Sayang tendangannya masih tipis berada di kiri gawang Ortega.

Menit 76 City memasukan Phil Foden sebagai nafas segar menggantikan De Bruyne.Lalu United merespon dengan memainkan Wout Weghorst untuk menggantikan Jadon Sancho.

Baca Juga: Sejarah! Derby Manchester Pertama di Final Piala FA

United kembali melakukan pergantian di menit 82 dengan memasukan Scott Mc Tominay untuk menggantikan Lindelof.

Red Devils sempat hampir menyamakan skor dimenit akhir setelah terjadi kemelut dimulut gawang City. Sayang bola sundulan Mc Tominay masih belum mampu merobek gawang Ortega.

Hingga pertandingan usai, City mampu mempertahankan keunggulan. Pasukan Pep Guardiola pun keluar sebagai juara dalam perburuan Piala FA musim ini. Sedangkan United harus puas dengan posisi runner-up.

Editor
Komentar
Banner
Banner