Nasional

Sidang Putusan Ketua KPK Firli Bahuri soal Helikopter Mewah Ditunda

apahabar.com, JAKARTA – Putusan etik yang rencananya akan dijatuhkan kepada Ketua KPK Firli Bahuri pada Selasa…

Featured-Image
Ketua KPK Firli Bahuri. Foto-Kompas.com

bakabar.com, JAKARTA – Putusan etik yang rencananya akan dijatuhkan kepada Ketua KPK Firli Bahuri pada Selasa (15/9) hari ini ditunda.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri mengatakan penundaan agenda sidang tersebut sampai 23 September, karena dibutuhkannya tindakan cepat penanganan dan pengendalian Covid-19 di lingkungan KPK, khususnya Dewan Pengawas (Dewas).

“Dari hasil ‘tracing’ internal ditemukan indikasi interaksi antara pegawai yang positif Covid-19 dengan anggota Dewas KPK, sehingga pada hari Selasa akan dilakukan tes swab sejumlah pihak terkait,” katanya, di Jakarta, Selasa (15/9).

Sidang pembacaan putusan tetap akan dilakukan secara terbuka karena mengacu pada Pasal 8 ayat (1) Peraturan Dewas KPK Nomor 3 Tahun 2020 tentang Tata Cara Pemeriksaan dan Persidangan Pelanggaran Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

Sidang putusan dan konferensi pers rencananya akan dilakukan secara daring dan ditonton secara langsung melalui sejumlah kanal media sosial KPK yaitu melalui YouTube, Facebook dan Twitter resmi KPK.

Firli Bahuri diadukan Koordinator Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) Boyamin Saiman terkait dengan penggunaan helikopter mewah saat perjalanan dari Palembang ke Baturaja, Sumatera Selatan pada 20 Juni 2020.

Perjalanan dari Palembang menuju Baturaja tersebut menggunakan sarana helikopter milik perusahaan swasta dengan kode PK-JTO.

Firli diduga melanggar kode etik dan pedoman perilaku “Integritas” pada Pasal 4 ayat (1) huruf c atau Pasal 4 ayat (1) huruf n atau Pasal 4 ayat (2) huruf m dan/atau “Kepemimpinan” pada Pasal 8 ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor: 02 Tahun 2020.

Firli pun sudah dikonfrontir dengan pelapornya Boyamin di hadapan tiga orang pimpinan sidang etik yaitu tiga orang Dewan Pengawas KPK: Tumpak Hatorangan Panggabean (Ketua), Syamsuddin Haris dan Albertina Ho masing-masing sebagai anggota.

Editor: Puja Mandela



Komentar
Banner
Banner