Menjelang Pemilu 2024

Siasat Tawar-menawar Capres Bikin Koalisi Besar

Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati menilai wacana pembentukan koalisi besar

Featured-Image
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (11/2). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Peneliti Pusat Riset Politik Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Wasisto Raharjo Jati menilai wacana pembentukan koalisi besar menyisakan tawar menawar antar partai politik.

"Faktor utama tentunya adalah tawaran politik yang akan diberikan pada mitra koalisinya. Hal tersebut yang akan menjadi bahan pertimbangkan koalisi besar dalam memutus calon pasti," Kata Wasisto, saat dihubungi bakabar.com, Jakarta, Sabtu (8/4). 

Baca Juga: Yusril Dijodohkan Jadi Cawapres, Prabowo: Segala Kemungkinan Bisa Terjadi!

Wasis melihat potensi calon presiden yang akan diusung dari koalisi besar nantinya terlihat dari tawaran politik yang akan diberikan oleh mitra koalisinya. 

"Saya pikir tergantung dari konsensus antar partai pilitik," ujarnya.

Saat ini Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto silih berganti menerima sejumlah parpol di rumahnya di Jalan Kertanegara IV, Kebayoran, Jakarta Selatan.

Baca Juga: Prabowo Sambut Partai Perindo untuk Gabung Koalisi 'Besar'

Terakhir, petinggi Partai Perindo dan PBB telah bertemu dengan Eks Danjen Kopassus.

Lebih lanjut, Ketua Umum DPP PAN Zulkifli Hasan juga akan menyambangi kediaman Ketua Umum DPP Partai Gerindra Prabowo Subianto, Pertemuan ini dimaksudkan untuk melakukan pembahasan lanjutan terkait rencana pembentukan Koalisi Besar.

Melihat kunjungan tersebut menurut Wasis saat ini PAN masih proses penjajakan soal wacana koalisi 'besar' yang akan dibentuk.

Baca Juga: Ketua Umum Perindo Kunjungi Kediaman Prabowo, Silaturahmi Politik?

"Saya  pikir pertemuan nanti kiranya seperti penjajakan politik dulu sebelum benar-benar berkomitmen menjadi satu barisan dalam koalisi besar," pungkasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner