News

Semaraknya HUT RI di Desa Madang HSS, Panjat Pinang Bertopeng ‘Bapantul’

apahabar.com, KANDANGAN – Menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, masyarakat Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten…

Featured-Image
Lomba panjat pinang 17 Agustus 2022 di Desa Madang, HSS. apahabar.com/Nuha

bakabar.com, KANDANGAN – Menyemarakkan Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia, masyarakat Desa Madang, Kecamatan Padang Batung, Kabupaten Hulu Sungai Selatan (HSS) menggelar beragam lomba, Rabu (17/8).

Mulai dari lomba sepeda santai, mengisi air dalam botol, lomba balap karung, joget, panjat pinang mengenakan topeng, hingga sepak bola wanita turut digelar.

Pantauan di lapangan, masyarakat tampak antusias mengikuti kemeriahan perayaan kemerdekaan Republik Indonesia di Lapangan Desa Madang Kecamatan Padang Batung, HSS.

Kepala Desa Madang, Suriani mengatakan bahwa lomba 17 Agustus 2022 dapat terlaksana berkat partisipasi seluruh elemen masyarakat.

Terlebih, lomba tersebut sudah selama dua tahun tidak digelar lantaran pandemi virus Corona masuk ke Indonesia.

“Harapannya kegiatan ini dapat meningkatkan kecintaan kita terhadap bangsa, karena 17 Agustus merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia,” kata Suriani.

Walaupun anggaran terbatas di tengah penanganan pandemi Covid-19, Desa Madang tetap mengupayakan agar HUT ke-77 Kemerdekaan RI berlangsung meriah.

“Yang jelas, kita upayakan agar masyarakat bisa ikut menyemarakkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia,” terangnya.

Sementara itu, Warga Desa Madang sangat mengapresiasi semaraknya kegiatan peringatan HUT ke-77 Kemerdekaan RI.

“Tentu sebagai warga Desa Madang kita mendukung, karena lomba di sini sangat unik. Salah satunya menggunakan topeng,” tutur Yayan.

Diketahui topeng yang dikenakan warga merupakan topeng ‘bepantul’. Kesenian tradisional ini merupakan salah satu adat di Desa Madang atau kesenian lawak yang biasanya ada di dalam tarian begandut, betopeng wayang dan bekuntau.

Tags
News


Komentar
Banner
Banner