Nasional

Selamat, Ahmad Magani dan Mauizatil Hasanah Juara Duta Baca HST

Grand Final Pemilihan Duta Baca 2023 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sukses diselenggarakan pada, Selasa (29/8/23).

Featured-Image
Pemenang Duta Baca HST, Ahmad Magani dan Mauizatil Hasanah. Selasa (29/8/23). Foto-istimewa.

bakabar.com, BARABAI - Grand Final Pemilihan Duta Baca 2023 Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) sukses diselenggarakan pada, Selasa (29/8/23).

Pemilihan Duta Baca 2023 yang digelar oleh Dinas Perpustakaan Kabupaten Hulu Sungai Tengah (HST) ini diikuti oleh 60 orang peserta. 

Seluruh peserta Duta Baca ini berusia kisaran 17-24 Tahun dan telah mengikuti tiga tahap tes dalam kompetisi tersebut.

Tahap pertama yaitu tes administrasi dan tertulis yang diikuti oleh 60 peserta. Dilanjutkan tahap kedua yaitu tes wawancara yang diikuti oleh 14 peserta yamg berhasil lolos dari tahap pertama.

Yang terakhir tahap ketiga, yaitu Grand Final yang berhasil diikuti oleh 6 peserta yang berhasil terpilih dari 14 peserta sebelumnya.

Dari enam finalis, sepasang putra dan putri bernama Ahmad Magani dan Mauizatil Hasanah yang dinobatkan sebagai Duta Baca Daerah HST untuk periode 2023-2024.

Ketua Panitia, Mujahidin mengucapkan rasa syukur dan berterima kasih atas partisipasi semua pihak dalam mendukung ajang ini.

"Terima kasih kepada semua pihak yang sudah berpartisipasi untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini," ucapnya.

Mujahidin menjelaskan bahwa dasar hukum pelaksanaan acara ini merujuk pada undang-undang terkait sistem pendidikan nasional, perpustakaan, pemerintahan daerah, dan aturan pelaksanaan perpustakaan. 

"Ajang ini bertujuan untuk memilih sosok yang mampu mengkampanyekan gemar membaca di masyarakat dan meningkatkan minat baca di Kabupaten Hulu Sungai Tengah," jelasnya.  

Sementara itu, Bupati Hulu Sungai Tengah, H Aulia Oktafiandi yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Administrasi Umum, H Kusudiarto yang juga hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi kepada panitia dan peserta.  

"Pemilihan Duta Baca sebagai ajang yang mendorong minat baca masyarakat, khususnya generasi muda diharapkan menjadi inspirasi dan perwakilan yang mendorong semangat literasi di komunitas-komunitas di kabupaten tersebut," papar Kusudiarto.

Acara Grand Final yang berlangsung di Pondopo Bupati HST ini diharapkan dapat menumbuhkan literasi dan minat baca di Kabupaten Hulu Sungai Tengah sehingga literasi dan minat baca semakin meningkat.

Editor


Komentar
Banner
Banner