Tak Berkategori

Selama 2021, Pendapatan Asli Daerah Tabalong di Atas Rp 166 Miliar

apahabar.com, TANJUNG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabalong mencapai Rp 166.926.830.626,74 miliar atau 89,23 persen…

Featured-Image
Kepala BPPRD Tabalong, H Erwan, memantau pelayanan penerimaan pembayaran pajak di kantornya. Foto – apahabar.com/M.Al-Amin.

bakabar.com, TANJUNG – Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kabupaten Tabalong mencapai Rp 166.926.830.626,74 miliar atau 89,23 persen dari target daerah yakni Rp 187.075.639.850 miliar.

Capaian PAD tersebut bersumber dari pajak daerah, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan, dan pendapatan asli daerah lainnya yang sah.

Kepala Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Tabalong, H Erwan mengatakan untuk pajak daerah diperoleh hasil sebesar Rp 69 miliar lebih, retribusi daerah realisasinya Rp 7,2 miliar lebih.

“Sedangkan hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan sebesar Rp 12,7 miliar lebih, dan lain-lain pendapatan asli daerah yang sah sebesar Rp 77,8 miliar lebih,” jelasnya ditemui di ruang kerjanya, Senin (03/01).

Erwan mengungkapkam untuk pajak daerah komponennya 11 jenis, yaitu pajak hotel, pajak restoran, pajak hiburan, pajak reklame, pajak penerangan jalan, pajak parkir, pajak air tanah.

Kemudian pajak sarang burung walet, pajak mineral bukan logam dan batuan, pajak bumi bangunan pedesaan dan perkotaan dan bea perolehan hak atas tanah dan bangunan (BPHTB).

Sementara itu, pendapatan dari retribusi berasal dari retribusi jasa umum, retribusi jasa usaha, retribusi perijinan tertentu.

Untuk hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan berasal dari bagi laba yang dibagikan kepada Pemerintah Daerah (Deviden) atas penyertaan modal pada BUMD (Lembaga Keuangan) dan bagi laba yang dibagikan kepada Pemda (Deviden) atas penyertaan modal pada BUMD (Aneka Usaha).

“Untuk lain-lain pendapatan asli daerah yang sah di antaranya dari hasil penjualan BMD yang tidak dipisahkan dan hasil pemanfaatan BMD yang tidak dipisahkan,” beber Erwan.



Komentar
Banner
Banner