DPRD Tanah Bumbu

Sekretariat Dewan Tanbu Undang Dispersip untuk Pendampingan Penataan Arsip

apahabar.com, BATULICIN – Sekretaris DPRD Tanah Bumbu, H Mukhlis, mengundang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) setempat…

Featured-Image
Pendampingan penataan arsip di Sekretariat DPRD Tanah Bumbu. Foto: Humas DPRD Tanbu

bakabar.com, BATULICIN – Sekretaris DPRD Tanah Bumbu, H Mukhlis, mengundang Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispersip) setempat ke Sekretariat DPRD, belum lama tadi.

Undangan adalah dalam rangka pendampingan penataan arsip inaktif Sekretariat DPRD Tanah Bumbu untuk 2005 hingga 2017.

Kehadiran pihak Dispersip diwakili Kabid Perpustakaan dan Kearsipan, Hj Noryana, bersama jajarannya yang disambut langsung oleh Mukhlis dengan tim arsip Sekretariat DPRD.

“Kami undang mereka untuk melakukan pembinaan serta pengawasan,” ujar Sekretaris DPRD Tanah Bumbu, H Mukhlis.

Mukhlis mengatakan kegiatan pembinaan dan pendampingan oleh lembaga kearsipan daerah perlu diberdayakan dengan lebih dinamis agar dapat membantu menangani penataan arsip di satuan kerja lain sesuai dengan kebutuhan.

Diketahui bahwa sistem pengelolaan tata kearsipan seluruh SKPD di Tanah Bumbu sebelumnya diatur berdasarkan pengelolaan pertahun, karena tidak adanya petunjuk yang mendasari hal tersebut.

“Namun, dalam kondisi ini pihak dinas terkait telah jemput bola dengan bersedia memberikan pemahaman langsung kepada personel arsiparis SKPD,” ujarnya.

Menurut Mukhlis pembinaan terhadap sumber daya manusia hendaknya dimulai dengan penyamaan persepsi atau pandangan mengenai tata cara pengelolaan arsip, baik dari pimpinan maupun para pegawai dalam suatu lembaga.

“Langkah awal persiapan Sekretariat DPRD menuju rencana pembinaan penyusunan arsip pada waktu akan datang adalah setelah penataan seluruhnya di data perkode,” pungkasnya.



Komentar
Banner
Banner