Prakiraan Cuaca BMKG

Sejumlah Wilayah Indonesia Diprediksi Alami Hujan Disertai Angin Kencang dan Petir

Hujan disertai angin kencang dan petir akan terjadi disejumlah wilayah Indonesia.

Featured-Image
Ilustrasi hujan didertai dengan petir.(Foto: Bisnis.com)

bakabar.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprediksi sebagian besar wilayah di Indonesia berpotensi mengalami hujan disertai angin kencang dan petir pada Rabu (11/1)

Situs BMKG merilis hujan lebat lebih dari 50 milimeter per hari akan melanda Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, Bengkulu, Jambi, Sumatera Selatan, dan Lampung.

Hal yang sama juga akan dialami di Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Sulawesi Utara, Gorontalo, Sulawesi Barat, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat dan Papua.

Baca Juga: Sebagian Wilayah Jakarta Diprediksi Hujan

Wilayah yang berpotensi hujan disertai kilat atau petir meliputi Provinsi Aceh, Riau, Bengkulu, Sumatera Selatan, Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, Kalimantan Timur, Gorontalo, Sulawesi Tengah, Maluku Utara dan Maluku.

Sementara angin kencang diprediksi akan terjadi di wilayah Sumatera Selatan, Lampung, Nusa Tenggara Barat, Kalimantan Barat dan Kalimantan Utara.

BMKG menyebutkan, sirkulasi siklonik terpantau di Semenanjung Malaysia, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan di Samudra Pasifik utara Papua yang membentuk daerah konvergensi yang memanjang dari perairan timur Filipina hingga Thailand bagian selatan, dari Aceh hingga Malaysia bagian selatan, di Samudra Hindia barat daya Banten, dan dari Papua hingga Samudra Pasifik utara Papua.

Baca Juga: Hujan Deras Banten, Puluhan Rumah Warga Terendam Banjir

Daerah konvergensi juga terpantau memanjang dari Samudra Hindia barat Sumatera hingga Sumatera Selatan, dari Kalimantan Utara hingga Laut Sulawesi bagian timur, dan di Papua bagian selatan.

Menurut BMKG, kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Editor


Komentar
Banner
Banner