News

Sejarah! Ribuan Orang Salat Idulfitri di Stadion Klub Inggris Blackburn Rovers

apahabar.com, LONDON – Blackburn Rovers menjadi klub Liga Inggris pertama yang membuka stadion mereka untuk dijadikan…

Featured-Image
Ribuan jemaah melakukan salat Idulfitri 1443 Hijriah di lapangan rumput Stadion Ewood Park, Senin (2/5). Foto: Football Stars

bakabar.com, LONDON – Blackburn Rovers menjadi klub Liga Inggris pertama yang membuka stadion mereka untuk dijadikan tempat salat Idulfitri.

Keputusan Blackburn itu pun disambut positif muslim di Inggris. Ribuan orang langsung menyambangi Stadion Ewood Park.

“Untuk merayakan akhir Ramadan, salat Idulfitri di Ewood Park akan dilaksanakan pukul 9 pagi hingga 10 pagi,” demikian pernyataan di situs resmi Blackburn Rovers.

Adapun salat Idulfitri di markas klub Divisi Championship itu berlangsung, Senin (2/5). Dilansir dari Detik, ribuan jemaah mulai tiba di stadion sejak pukul 08.30.

Bahkan akibat semakin banyak jemaah yang datang, sebagian besar perempuan, membuat pengelola stadion sampai harus membentangkan terpal plastik.

Salat Idulfitri diimami Sheikh Wasim Kempson yang sekaligus menjadi khatib.

Kemudian Chief Executive Blackburn Rovers, Steve Waggott, dan Walikota Derek Hardman, juga naik ke podium selepas salat untuk menyampaikan terima kasih.

“Pemandangan yang sangat luar biasa, karena begitu banyak orang datang. Mulai muda dan tua bersama keluarga,” papar salah seorang jemaah bernama Yaqoob.

“Inilah yang dimaksud dengan Idulfitri. Salat berjamaah bersama,” tambah pria yang datang bersama istri dan anak.

Salat Idulfitri itu turut melibatkan banyak relawan yang bertugas mengatur lalu lintas di luar stadion.

Pihak penyelenggara juga menata bus-bus jemaah agar bisa masuk ke Ewood Park dengan tertib. Kemudian pintu masuk jemaah wanita dan pria juga dipisah.

Namun Blackburn hanya menyediakan satu toilet sebagai tempat wudu untuk keadaan darurat. Makanya jemaah sudah mengambil wudhu dari rumah masing-masing.

Kegiatan tersebut juga ramah kaum disabilitas dan lanjut usia, karena tersedia kursi roda yang dapat digunakan sejak lobi stadion.

Uniknya Blackburn tidak hanya menyediakan tempat untuk salat. Jawara Liga Inggris 1993/1994 itu menyediakan minuman susu tradisional untuk para jemaah.

Blackburn memang dikenal sebagai klub yang dekat dengan komunitas muslim di Inggris. Bahkan setiap Idulfitri, The Rovers kerap mengadakan festival lebaran di Corporation Park.



Komentar
Banner
Banner